oleh

Pemkab Tana Tidung Gelar Pembinaan Imtak Bagi ASN

TANA TIDUNG – Untuk menambah wawasan serta siraman rohani, Pemerintah Kabuaten Tana Tidung (KTT) mengadakan kegiatan pembinaan imand an takwa (Imtak) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, yang diselenggarakan di Masjid Agung At-Taqwa, Jumat 16 April 2021.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Said Agil, para Asisten, staf ahli, kepala OPD beserta ASN di lingkup Pemda Tana Tidung. Selaku penceramah pada kegiatan tersebut Ustaz Harmoko, S.Pd.I,.

Dalam tausiahnya dia menyampaikan bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat muslim, dan pada bulan ini juga setiap ibadah umat manusia akan dillipat gandakan.

Foto bersama usai kegiatan

Dalam menjalani ibadah puasa disampaikannya umat Islam diwajibkan untuk menahan lapar, haus dan hawa nafsu dari terbitnya matahari subuh hingga terbenamnya matahari atau waktu maghrib.

Baca Juga :  Penerapan Prokes Hari Ke-6 di KTT Menyasar Kecamatan Sesayap

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya memasukkan sesuatu kedalam mulut yang dapat membatalkan puasa, tetapi memasukkan benda-benda tertentu ke dalam lubang tubuh yang berpangkal pada organ bagian dalam secara sengaja juga dapat membatalkan puasa.

Yang dimaksud lubang yang berpangkal pada organ dalam tubuh dijelaskannya, adalah mulut, telinga, dan hidung dengan batas awal masing-masing. Dalam mulut batas awalnya adalah tenggorokan, hidung batas awalnya adalah pangkal insang, dan telinga batasannya adalah bagian yang terlihat oleh mata, jadi jika benda yang masuk kedalam lubang tersebut belum melewati batas awalnya, maka puasa masih tetap sah.

Untuk bagian lubang pada tubuh yang lain seperti kemaluan dan dubur dikatakannya juga dapat membatalkan puasa, seperti saat menggunakan obat ambeien, yang harus memasukkannya ke dalam dubur, untuk itu dia mengatakan agar melakukannya di malam hari atau saat sahur saja.

Baca Juga :  Hari Ini RSUD Ahmad Berahim KTT rencananya Pindah Gedung Baru

Dalam menjalani Ibadah puasa, penting untuk mengetahui apa saja yang dapat membatalkan puasa, agar ibadah yang kita laksanakan tidak sia-sia.

Sementara itu Sekretaris Daerah KTT Said Agil saat diwawancarai usai menghadiri kegiatan mengatakan, ini merupakan program dari Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi ASN Pemda KTT kepada Allah SWT.

Said Agil mengungkapkan, ASN harus rutin mengikuti kegiatan keagaman seperti ini. Selain untuk menambah wawasan keagamaan. Dengan seringnya mengikuti kegiatan keagamaan para ASN juga dapat membekali dirinya agar lebih bermakna dalam menjalani kehidupan.

Serta dalam mangerjakan tugas-tugasnya sebagai ASN dapat dikerjakan dengan semangat dan sungguh-sungguh, serta menjadikan kerjaannya sebagai ibadah kepada Allah SWT dengan bermodalkan keimanan dan ketakwaan yang dimiliki.

Baca Juga :  Ketum LPADKT-KU Instruksikan 6.000 Anggotanya untuk Dukung dan Menangkan ZIYAP di Pilgub Kaltara

“Kegiatan ini akan rutin kita laksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan saja, awalnya saja kita melaksanakannya di bulan Ramadan, tetapi Jumat setelah Ramadan dan Jumat seterusnya juga tetap kita laksanakan kegiatan seperti ini. Kemungkinan juga akan kita selingi, jadi Jumat ini Imtak, Jumat depannya Senam Sehat,” ungkapnya.

Dia berharap apa saja program yang dijalankan Pemerintah saat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat KTT, sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tanan Tidung, yaitu mewujudkan Tana Tidung Bermartabat, Sejahtera, Indah dan Humanis (Bersih).(*)

 

Reporter: Dwi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed