Sambungan Air Bersih Gratis Lampaui Target, Walikota : Kita Lanjutkan Terus

TARAKAN – Keberhasilan menyediakan akses layanan air bersih untuk pemasangan 10 ribu sambungan baru gratis bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), akan terus dilanjutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Kendati 10 ribu sambungan air bersih telah sukses dilakukan hanya dalam kurun waktu 2 tahun satu bulan, atau lebih cepat dari target realisasinya selama 5 tahun, bukan berarti pemasangan secara gratis ini terhenti di angka 10 ribu saja.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1575 votes

Baca Juga: Selamat! Sambungan Layanan Air Bersih Gratis ke 10 Ribu Rumah Lampaui Target

Sebab, Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes mengatakan, pemasangan sambungan baru gratis untuk pelayanan air bersih yang juga menjadi satu di antara beberapa program unggulan semasa kampanye lalu kepada masyarakat, ini akan terus dilakukan mengikuti kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

“Kalau ada yang perlu nanti yang masuk kategori kurang mampu (MBR). Seperti yang disampaikan Direktur PDAM untuk R1, R2, R3, R4 dan juga niaga kecil itu juga tetap masuk dalam program kita, kalau ada penambahan kita lanjutkan terus,” ujar Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes kepada benuanta.co.id, Kamis (15/4/2021).

Bahkan di tahun ini masih ada penambahan 2.000 pemasangan yang bakal dilakukan antara bulan Juli atau September. Artinya, selama tahun 2021 ini pemasangan PDAM gratis mampu menembus sekitar 12 ribu pemasangan.

Program unggulan ini juga masih akan dilakukan pada tahun depan mengikuti adanya perumahan baru yang diprediksikan terus tumbuh pada tahun 2022. Ditambah beberapa wilayah di Tarakan seperti Kelurahan Pantai Amal, Tanjung Batu, Tanjung Pasir sampai saat ini belum terlayani air bersih, lantaran belum tersedianya jaringan pipa di wilayah tersebut juga telah diupayakan Pemkot Tarakan pada tahun ini.

Baca Juga :  Disnakertrans Tarakan Buka Posko Pengaduan Masalah THR

“Tahun ini baru kita buat jaringannya termasuk ke Tanjung Pasir dan Tanjung Batu. Lalu Instalasi Pengolah Air (IPA)-nya baru juga sedang kita bangun di Binalatung untuk 30 liter per detik,” ungkapnya.

Jika hal tersebut mampu diselesaikan juga pada tahun ini, Khairul mengklaim pada tahun depan rumah-rumah warga di wilayah tersebut bisa mendapatkan fasilitas air besih yang tentu pemasangannya juga diberikan secara gratis.

Baca Juga :  Satreskrim Lanjutkan Pemeriksaan Saksi Kecelakaan Kerja di PT PRI

“InsyaAllah tahun depan wilayah Pantai Amal, Tanjung Batu, Tanjung Pasir itu akan dialiri air bersih. Jadi yang kita hitung mungkin ada sekitar 3.000 sambungan di Pantai Amal yang mudah-mudahan bisa kita lakukan,” bebernya.

Masih adanya waktu melanjutkan program unggulan itu selama tiga tahun kedepan, orang nomor satu di Tarakan ini menyebut pemasangan PDAM gratis ini bisa jadi akan dua kali lipat dari yang sekarang dilakukan.

“Iya bisa jadi dua kali lipat dari yang sudah kita kerjakan, tetapi semuanya sangat tergantung nanti dengan kebutuhan yang akan kita sesuaikan dengan program kita,” tandasnya.(*)

 

Reporter : Yogi Wibawa

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *