oleh

Gubernur Turut Melepas 450 Prajurit TNI yang Bertugas ke Papua

TARAKAN – Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto melepas 450 personel Satgas Pamtas Yonif Raider 613 Brigif 24/BC Kodam VI/MLW ke Daerah Penugasan Kabupaten Puncak Jaya Papua, Provinsi Papua.

Pelepasan ratusan personel TNI di halaman Mako Lantamal XIII Tarakan ini disaksikan langsung Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum, Rabu (14/4/2021) sore.

Ratusan personel asal Kaltara itu, ujar Heri Wiranto, untuk menggantikan Yonif Raider 900 sebagai Satgas Pamtas Mobile Koops Pinang Sirih di Puncak Jaya. Ia menegaskan operasi yang berlangsung selama sembilan bulan tersebut bagian dari tugas prajurit yang diamanatkan oleh Mabes TNI.

Baca Juga :  Diguyur Hujan dari Subuh, Jalan-Jalan Besar di Tarakan Terendam Banjir

“Mereka bertugas di wilayah Papua sebagaimana satuan yang lain dan bergabung dengan operasi Pinang Sirih, yang nantinya akan ada tugas khusus yang diberikan dari daerah operasi,” jelas Heri Wiranto.

Ia juga meminta setiap personel Satgas asal Kaltara yang bertugas di Papua tetap mewaspadai situasi dan ketegangan yang terjadi. “Mudah-mudahan dengan adanya kehadiran Satgas Pamtas TNI – Polri yang sedang melaksanakan tugas dapat berjalan kondusif,” harapnya.

Heri menambahkan para prajurit yang diberangkatkan telah dipersiapkan melalui mekanisme latihan pra tugas. Serta disiapkan perlengkapan yang mendukung pelaksanaan operasi.

“Satu hal yang kita tekankan kepada setiap prajurit yang diberangkatkan bahwa mereka di sana tugasnya membantu masyarakat di Papua, membantu pemerintah daerah sehingga para prajurit bersama-sama menciptakan situasi kondusif dan aman. Mudah-mudahan tidak terjadi konflik sehingga para prajurit dapat menjalankan tugas dengan baik,” terangnya

Baca Juga :  Tingkatkan Profesionalitas Wartawan, Sekprov Apresiasi UKW yang Digelar LSPR

Untuk diketahui, keberangkatan para personel dari Tarakan menuju Papua berlangsung kurang lebih sekitar 10 hari dengan menggunakan KRI.

“Diharapkan setelah tiba para prajurit dapat menyesuaikan dengan tugas di sana, dimana dalam tugas biasanya diatur oleh satu mekanisme komando operasi yang akan ditentukan dalam beberapa kelompok dibawah kendali komandan satgas,” terang Heri Wiranto.

Senada dengan Pangdam, Gubernur Zainal Arifin Paliwang juga mengharapkan personel Satgas yang ditugaskan ke Papua tetap mawas diri dan bertugas secara profesional. “Saya lihat para prajurit sangat semangat dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan tugas mengabdikan diri kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Kaltara ke-9, Bappeda-Litbang Pemprov Kaltara Gelar Bakti Sosial

Gubernur juga mengharapkan para personel dapat bertugas dengan baik sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan dan berhasil menjalankan tugas.

Upacara pelepasan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Erwin Zadma, Walikota Tarakan dr Khairul, Danlantamal XIII Tarakan, serta sejumlah petinggi lainnya di lingkungan Provinsi Kaltara. (pri/sur)

 

Sumber: Diskominfo Kaltara

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed