oleh

Satgas Persiapkan Tahapan Vaksinasi Lansia di Tarakan

TARAKAN – Warga lanjut usia di Kota Tarakan tak menunggu waktu lama akan mengikuti vaksinasi, dengan ketentuan yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Tarakan.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes menyatakan vaksinasi warga lansia tengah dalam persiapan.

“Vaksinasi lansia akan dilaksanakan di tahap 2  termin 3 sesuai arahan dari Kemenkes alokasi  lansia  60% dari alokasi termin 3,” ujarnya kepada benuanta.co.id pada Rabu, 14 April 2021.

Pihaknya memastikan pelaksanaan vaksinasi dilakukan  di fasilitas layanan kesehatan yakni di 5 Puskesmas  kecuali Puskesmas Amal, RSUKT, RSUD Tarakan dan RS Pertamina.

Baca Juga :  Banyak yang Penasaran, Netizen Berburu Buku "Kaltara Rumah Kita" Karya Yansen TP

“Masih menunggu vaksinnya datang dulu, saat ini  baru mulai pendaftaran via link,” tambahnya.

Selain itu, untuk mengoptimalkan edukasi vaksin kepada masyarakat terutama warga lansia, Dinkes Tarakan menerbitkan pengumuman pelaksanaan vaksinasi.

Pengumuman Nomor 2581/SEKR/440/2021
tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di Kota Tarakan.

Sehubungan dengan pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Kota Tarakan dengan sasaran Lansia, maka disampaikan sebagai berikut :

1. Calon peserta vaksinasi Lansia usia 60 tahun keatas dapat melakukan pendaftaran di link :
http://s.ss/vaksinasilansiatarakan

Baca Juga :  PDP di Tarakan Meningkat Jadi 8 Orang, 2 Dinyatakan Negatif

2. Calon peserta vaksinasi lansia yang sudah atau belum mempunyai e-tiket, harus melakukan pendaftaran melalui link pendaftaran.

3. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan pelaksana vaksinasi, yaitu Rumah Sakit, Puskesmas, KKP dan Klinik Kesehatan

4. Dinas Kesehatan akan melakukan rekapitulasi data peserta vaksinasi. Data tersebut akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan pelaksana vaksinasi sesuai dengan tempat tinggal lansia.

5. Lansia yang sudah mendaftar di link pendaftaran akan dihubungi oleh petugas pelaksana vaksinasi terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi,

Baca Juga :  IJTI Kaltara Kecam Pelaku dan Desak Polisi Usut Tuntas Pembunuh Editor Metro TV

6. Lansia yang sudah mendapatkan jadwal akan datang ke fasilitas pelayanan kesehatan dengan membawa KTP dan dianjurkan sarapan terlebih dahulu.

7. Lansia yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi dan gula diharapkan memastikan tekanan darah kurang dari 180/100 mmHg dan Gula Darah dibawah 200 mg/dl. Jika tidak lolos skrining kesehatan akan dikeluarkan dari daftar pelaksanaan vaksinasi dan harus melakukan pendaftaran ulang.

8. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan sesuai dengan jumlah ketersediaan vaksin yang diterima oleh Dinas Kesehatan secara bertahap.

Reporter: Kristianto Triwibowo
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed