Gerak Cepat Bangun KTT, Ibrahim Ali Audiensi dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah

BUPATI TANA TIDUNG KOMITMEN TINGKATKAN PAD KTT

TANA TIDUNG – Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali terus bergerak cepat melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Tana Tidung (KTT). Setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Dirjen Otda Kemendagri, kegiatan berlanjut dengan melakukan kunker ke Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Drs. Komedi, M.Si., di Ruang Kerja Sekretaris Jenderal Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Gedung H Lantai 8, Kemendagri, Jakarta Pusat. , Rabu 14 April 2021.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Dalam kunker tersebut, Bupati Ibrahim Ali melakukan audiensi tersebut, Drs. Komedi menyampaikan bahwa Kemendagri berkomitmen untuk mencapai target Program Prioritas Nasional pada BMUD (Badan Usaha Milik Daerah), BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) dan BMD (Barang Milik Daerah).

Baca Juga: Percepatan Pembentukan SOTK Baru, Ibrahim Ali Audiensi dengan Dirjen Otda Kemendagri

Maka dari itu dibutuhkan penguatan peran pemerintah daerah (Pemda) untuk membangun daerahnya dengan menindaklanjuti capaian Program Prioritas Nasional Kemendagri.

Dalam penyampaian dari Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Mendagri Drs. Komedi, M.Si., ada empat hal yang perlu dilakukan Pemda, yang pertama menyiapkan kebijakan teknis dalam rangka implementasi pengelolaan BUMD, BLUD dan BMD, kedua melakukan penguatan peran Pemda dalam pembinaan BUMD, BLUD dan BMD, ketiga meningkatkan kapasitas SDM pengelola BUMD, BLUD dan BMD, keempat mengalokasikan anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BUMD, BLUD dan BMD.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa BUMD harus dikelola secara profesional sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bekerja efektif, efisien, dan mengacu pada good corporate governance. Karena hal tersebut penting guna menghindari kesalahan manajerial.

“Maka dari itu, posisi BUMD sebagai upaya peningkatan atau percepatan dalam pelayanan publik yang tuntutannya untuk pengembangan ekonomi daerah. Untuk itu BUMD harus memiliki peranan yang strategis di daerah dan harus dikelola dengan baik,” tegas Komedi.

Diungkapkannya bahwa BUMD adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemda sebagai salah satu penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu ia berharap BUMD-BUMD yang dimiliki oleh daerah didorong dan dikelola secara baik, secara professional, sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Sementara itu, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dalam audiensi tersebut mengucapkan terima kasih atas arahan dan masukan yang diberikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Drs. Komedi, M.Si.

Ibrahim Ali menyampaikan bahwa masukan dan arahan tersebut kedepannya akan menjadi acuannya dalam melakukan pembinaan dan pengelolaan BMUD, BLUD dan BMD Kabupaten Tana Tidung (KTT).

“Hasil dari audiensi ini kedepannya akan menjadi acuan kita dalam melakukan pembinaan dan pengelolaan BUMD, BLUD dan BMD KTT, dalam meningkatkan PAD KTT,” ungkap Ibrahim Ali.(*)

 

Reporter: Dwi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *