oleh

Polres Bulungan Lakukan Studi Kelayakan Menuju Tipologi Polresta

TANJUNG SELOR – Dalam menuju peningkatan tipologi, Polres Bulungan melakukan berbagai persiapan. Di antaranya melakukan studi kelayakan. Peningkatan tipologi inipun diharapkan segera terwujud. Pasalnya, Polres Bulungan berada tepat di pusat pemerintahan Provinsi Kaltara.

“Kegiatan studi kelayakan ini dilaksanakan sebagai salah satu proses atau tahapan untuk peningkatan status dari Polres menjadi Polresta,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro kepada benuanta.co.id, Rabu 7 April 2021.

Dalam studi kelayakan itu, Polres Bulungan menghadirkan audiensi Bupati Bulungan Syarwani, Ketua Tim Studi Kelayakan Polda Kaltara AKBP Adi Saptia Sudirna, Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka, Dandim 0903 Tanjung Selor Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly dan seluruh tokoh adat di Kabupaten Bulungan.

Baca Juga :  Menghargai Jasa Pahlawan, Tabur Bunga di TMP Telabang Bangsa

“Maksud dan tujuan dari audiensi ini adalah untuk menyetarakan antara pemerintah daerah dengan hukum kepolisian, dan hasil dari pelaksanaan audiensi ini berpengaruh terhadap peningkatan tipe Polres Bulungan,” ucapnya.

Akpol 1999 ini menuturkan, momen seperti ini sudah lama dinantikan untuk ditingkatkannya tipe Polres Bulungan menjadi Polresta. Dikarenakan kondisi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Bulungan mencakup data statistik luas wilayah, jumlah penduduk, data kasus, hakamtibmas dan inovasi pelayanan publik sudah mendukung.

“Harapan kami kepada audiensi dapat mendukung untuk kenaikan tipe Polres Bulungan dan kepada tim studi kelayakan dari Polda Kaltara dapat memperjuangkan Polres Bulungan agar menjadi prioritas,” jelasnya.

Baca Juga :  Diduga Alat Berat Milik Perusahaan Ditahan Warga di Desa Mata Hilir

Dijelaskan Teguh Triwantoro kepada peserta audiensi, selain melakukan pemeriksaan dan penilaian data sistem informasi klasifikasi karakteristik kewilayahan (SIK 3), dalam rangka peningkatan tipe Polres Bulungan, juga diharapkan masukan-masukan.

“Sekiranya para audiensi dapat memberi petunjuk dan arahan sehingga para kepala satuan dan fungsi (Kasatfung) yang ada di wilayah semakin memahami tentang pengukuran SIK 3. Kemudian data yang disajikan dapat semakin akurat sesuai dengan kondisi di lapangan,” paparnya.

Untuk diketahui, perubahan tipe Polres dari tipe D menjadi tipe C setara Polresta, akan dipimpin oleh pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed