Debit Sungai Kayan di Peso Meningkat, Wilayah Hilir Diimbau Waspada Banjir

TANJUNG SELOR – Warga Desa Long Peso, Kecamatan Peso, melaporkan debit air Sungai Kayan mengalami peningkatan. Air mulai meluap ke pemukiman penduduk, sehingga beberapa rumah warga terendam banjir.

“Laporan dari petugas Tagana yang ada di Peso, sore mulai pukul 16.00 kondisi air Sungai Kayan mengalami peningkatan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bulungan Fatokah kepada benuanta.co.id, Kamis 8 April 2021.

Kata dia, wilayah Pujungan dan Bahau Kabupaten Malinau, untuk kondisi hari ini mengalami peningkatan ketinggian permukaan air sungai, dengan ketinggian mencapai 5 meter dari normal permukaan air sungai. “Untuk kondisi masih aman untuk wilayah Pujungan dan Bahau,” jelasnya.

Baca Juga :  Dishub Kaltara Laksanakan Kegiatan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Bermotor

Tetapi untuk wilayah Kecamatan Peso, kondisi air sungainya lebih tinggi lagi. Di mana level ketinggian air mencapai 7 meter di daerah pantauan Desa Long Peso dan Long Beluah.

“Kondisi Sungai Kayan wilayah Peso hari ini mengalami peningkatan ketinggian permukaan air sungai atau banjir, dengan ketinggian mencapai 7 meter dari normal permukaan air sungai,” ucapnya.

Baca Juga :  MUI Minta Aparat Tak Ragu Tindak THM yang Nekat Buka Selama Ramadan

Dia menambahkan, walaupun kondisi air masih aman di wilayah Kecamatan Peso, tapi harus lebih waspada untuk wilayah hilir, seperti Kecamatan Peso Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat dan Kecamatan Tanjung Selor. “Kondisi waspada di wilayah hilir Sungai Kayan yakni wilayah di sini,” tutupnya.(*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *