oleh

Musrenbang RKPD, Bupati Berharap 2022 Jadi Awal Kebangkitan Perekonomian KTT

TANA TIDUNG – Bertempat di Gedung Pendopo Djaparuddin, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali, Rabu 7 April 2021.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik, Dandim 0914/TNT Letkol Czi Tri Priyo Utomo, Ketua DPRD KTT Jamhari beserta anggota, para Kepala OPD, para Camat, serta tamu undangan lainnya.

Ibrahim Ali dalam sambutannya mengatakan, Musrembang ini merupakan bagian penting dalam rangka pembahasan rancangan RKPD KTT tahun 2022. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 86 tahun 2017, yang menyatakan bahwa Musrembang dilaksanakan untuk pembahasan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan, arah kebijakan pembangunan dan program/kegiatan, pagu indikatif dan indikator serta penyelarasan antara program pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi dan nasional.

Baca Juga :  Daerah Tak Ada Sinyal akan Dibangun Tower
Foto bersama setelah selesai pelaksanaan Musrembang RKPD.

Ibrahim Ali mengungkapkan, tema pembangunan dan prioritas pembangunan daerah KTT untuk RKPD tahun 2022 menyesuaikan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022, yaitu ‘Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural’. Maka tema RKPD KTT tahun 2022 yaitu ‘Percepatan Pemulihan Kualitas Pembangunan melalui Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan dan Pertumbuhan Perekonomian Daerah’.

Baca Juga : Satpol PP KTT Sosialisasikan Larangan Membangun di Atas Lahan Pemerintah

Baca Juga : Kemenag KTT Tetapkan Zakat Fitrah dan Fidiah, Berikut Besarannya

Baca Juga : Vamelia Ibrahim Ali : PKK KTT Siap Mendukung Program Pemerintah

lebih lanjut Bupati menjelaskan, prioritas pembangunan daerah KTT pada 2022 juga menyesuaikan dengan prioritas nasional RKP tahun 2022. Di mana prioritas pembangunan RKPD KTT tahun 2022 adalah peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan perempuan dalam pembangunan daerah, peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan kualitas infrastruktur perumahan, peningkatan kelancaran aksesibilitas perhubungan dan komunikasi serta peningkatan produktivitas sektor pertanian.

Baca Juga :  Hari Ini Umi-Herman Mendaftar ke KPU Tana Tidung, Besok Giliran Sofian-Juid

Kemudian peningkatan pemberdayaan perekonomian kerakyatan serta peningkatan potensi dan daya tarik pariwisata, pemerataan perekonomian masyarakat dan peningkatan produktivitas angkatan kerja, serta peningkatan kualitas lingkungan dan kemandirian desa dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, serta peningkatan kualitas layanan publik dan kualitas penanganan bencana daerah.

“Mengacu pada tema pembangunan dan prioritas pembangunan daerah dalam RKPD KTT tahun 2022 yang merupakan tahun pertama dalam pelaksanaan RPJMD KTT tahun 2021-2026. Di tahun 2022 adalah masa transisi pemulihan pandemi covid-19, sehingga fokus pembangunan di tahun 2022 pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi. Diharapkan tahun 2022 menjadi fokus utama, dikarenakan dorongan konsumsi masyarakat menjadi perhatian penting agar ekonomi tidak terpuruk,” terang Bupati Ibrahim.

Baca Juga :  Deklarasi, BERSIH Serukan Perubahan untuk KTT yang Lebih Baik dan Bermatabat

Bupati berharap di tahun 2022 menjadi awal KTT untuk dapat lepas dari pandemi Covid-19. “Serta menjadi titik balik pertumbuhan perekonomian daerah untuk dapat bangkit dan bersaing dengan daerah lainnya,” tutupnya.(*)

 

Reporter: Dwi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed