Masih Direnovasi dan Melengkapi Sarpras, SPN Polda Kaltara Ditarget Beroperasi 2022

TANJUNG SELOR – Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara yang terletak di Kabupaten Malinau, tahun ini belum dapat dioperasikan untuk kegiatan pendidikan. Hal itu diungkapkan Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono, lantaran SPN masih akan dilakukan penambahan bangunan.

“SPN Malinau mulai tahun ini kita renovasi dan kita lengkapi sarana dan prasaranya (Sarpras),” ungkapnya kepada benuanta.co.id.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2001 votes

Dia menuturkan, tahun ini SPN tersebut belum dapat digunakan oleh para calon anggota Polri yang baru mendaftar untuk melakukan pendidikan. Untuk itu para calon anggota Polri ini akan dikirim ke SPN Polda Kaltim.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

“Tahun ini belum ya, karena tahun ini Juli sudah masuk, tinggal dua bulan lagi. Kalau tahun depan diharapkan sudah bisa mendidik,” bebernya.

Kapolda Kaltara mengatakan, fasilitas di SPN itu masih kurang seperti barak tempat tinggal siswa yang belum ada. Sehingga untuk penambahan sarpras itu, Polda Kaltara telah mengirim tim ke SPN lain, apa saja yang harus dibangun layaknya standar SPN.

“Fasilitas tempat tidur kita lengkapi, ruangan yang sudah ada kita setting sesuai sekolah pendidikan di Polri. Makanya kemarin kita kirim tim ke Jogja dan Makassar untuk studi banding seperti apa ini SPN. Sehingga nanti bisa segera dilengkapi fasilitasnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

Bambang mengatakan, SPN di Malinau ini dirancang untuk menampung dan mendidik sebanyak 400 siswa. Kata dia, jika ingin ditingkatkan lagi dua kali lipat, maka tempat tidurnya dibangun bertingkat.

“Tapi kita tidak melihat banyaknya ini, tapi tergantung anggaran negara sanggupnya berapa, apalagi ini masih Covid jadi kesehatan masyarakat diutamakan,” tuturnya.

Sementara itu Karolog Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Suherman mengatakan, saat ini Polda Kaltara tengah melakukan lelang untuk pembangunan perumahan pejabat dan antap SPN di Malinau. Lalu lelang untuk penambahan renovasi asrama siswa, renovasi kelas dan renovasi pendukung sarana dan prasarana SPN.

Baca Juga :  Sosek Malindo Bertujuan Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Wilayah Perbatasan

“Yang paling penting adalah kita sudah mengajukan ke PLN untuk segera dilakukan pemasangan listrik, juga pemasangan air bersih, itu prioritas utama,” ucap Budi.

Dia menambahkan, Lemdiklat Mabes Polri juga akan membantu sarana pendukung. Di antaranya kendaraan untuk operasional di SPN Polda Kaltara. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *