Program TMMD Selesai, Masyarakat 3 Desa Rasakan Manfaat Pembangunan

TANJUNG SELOR – Setelah berjalan selama sebulan dimulai pada tanggal 2 hingga 31 Maret 2021, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 di Kabupaten Bulungan resmi ditutup. Kegiatan inipun sebelumnya dipusatkan di Kecamatan Tanjung Palas yakni di Desa Gunung Putih, Desa Teras Baru dan Kelurahan Tanjung Palas Hilir.

“Seperti kita ketahui Program TMMD merupakan program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat,” ungkap Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno melalui Kolonel Kav Suteja Kasi Ter Korem 092/Mrl kepada benuanta.co.id, Rabu 31 Maret 2021.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1947 votes

Pelaksanaan TMMD inipun tidak semua Kodim melaksanakannya. Untuk Kodam VI Mulawarman TMMD terbagi di 3 provinsi yakni di Kaltara dilaksanakan di Kodim 0903/Tanjung Selor, di Provinsi Kaltim pelaksanaannya di Kodim 0912/Kutai Barat, sedangkan di Provinsi Kalsel dilakukan di Kodim 1003/Kandangan dan Kodim 1008/Tanjung.

TMMD

“Jadi kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, untuk membangun infrastruktur dan membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan negara serta terpeliharanya Kemanunggalan TNI bersama Rakyat,” jelasnya.

Dia mengatakan kegiatan itu untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata. Sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong antar seluruh komponen.

“Untuk pelaksanaan TMMD ke-110 di jajaran Kodam VI/Mulawarman kali ini, dilaksanakan di wilayah Kodim 0912/Kutai Barat, Kodim 0903/Tanjung Selor, Kodim 1003/Kandangan dan Kodim 1008/Tanjung, bertema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri,” sebutnya.

Berdasarkan hasil pengawasan dan evaluasi selama sebulan, dia menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini telah dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar dengan hasil yang sangat memuaskan.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel Satgas TMMD di jajaran Kodam VI/Mulawarman yang telah dapat mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan,” ucap Suteja.

Kata dia, personel Satgas TMMD dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat telah berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembuatan badan jalan, jembatan dan gorong-gorong.

“Serta pembangunan fasilitas ibadah, sarana prasarana maupun fasilitas umum lainnya bagi masyarakat  seperti pembuatan Poskamling dan lain-lain,” tuturnya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yang telah dilaksanakan melalui kerjasama dengan aparat Pemerintah Daerah terkait dan Polri, berupa  meningkatnya pemahaman masyarakat tentang berbagai hal yang yang berkaitan dengan pemahaman bela negara, wawasan kebangsaan, Kamtibmas dan bahaya narkoba.

“Untuk kegiatan non fisik lainnya berupa pemberian materi pengetahuan tentang hukum, pertanian, dan bahaya faham radikalisme dan terorisme serta sosialisasi bidang lainnya yang dibutuhkan masyarakat,” bebernya.

Tak hanya itu, Suteja menambahkan jika di 3 desa dan kelurahan itu dilakukan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kegiatan bakti sosial seperti donor darah, sosialisasi tentang Pos Binaan Terpadu (Posbindu), pembagian sembako, vaksinasi Covid-19 serta KB Kesehatan dan perpustakaan keliling.

“Ini sebagai wujud komitmen TNI dalam mengatasi kesulitan rakyat dan upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat terutama di daerah pedesaan dan perbatasan,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *