oleh

Wabup Sampaikan LKPJ 2020 dan 13 Raperda ke DPRD KTT

TANA TIDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Tidung (KTT) mengelar Rapat Paripurna V dengan Agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tana Tidung tahun 2020 dan Penyampaian Nota Pengantar Raperda KTT yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD KTT, Rabu 31 Maret 2021.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Samoel dan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Tana Tidung Hendrik, SH.,MH., Dandim 0914/TNT Letkol Czi Tri Priyo Utomo, Sekretaris Daerah Said Agil, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala Instansi Vertikal beserta tamu undangan lainnya.

Wabup hendrik saat menyampaikan LKPJ tahun 2020 mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan-kegiatan Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat yang terangkum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KTT tahun 2020 dikoordinir di bawah kepemimpinan Bupati sebelumnya, namun berdasarkan peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda). Dikemukakan bahwa penyampaian LKPJ kepala daerah disampaikan Kepada DPRD dalam Rapat Paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun, dan paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.

Baca Juga :  Dikunjungi Pimpinan PURT DPD RI, Bupati Inginkan Aspirasi Masyarakat Direalisasikan Pemerintah Pusat

“Sehingga pada tahun 2021 ini selaku Bupati dan Wakil Bupati Definitif saya diamanahkan oleh peraturan tersebut untuk menyampaikan LKPJ Kepala Daerah tahun 2020, dimana semua penyelenggaraan program dan kegiatan telah dilaksanakan dengan baik dibawah kepemimpinan Bupati sebelumnya. untuk itu sepantasnya kita memberikan apresiasi positif kepada beliau atas jasa dan pengorbanan yang diberikannya,” ujarnya.

Wabup mengungkapkan Target pendapatan yang ditetapkan pada tahun anggaran 2020 lalu, sebagaimana termuat dalam APBD tahun 2020 seluruhnya sebesar Rp. 767.225.574.519,88, komponen pendapatan itu meliputi Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer dan lain-lain, selanjutnya realisasi target pada APBD tahun 2020 sebesar Rp. 730.359.144.439,08 realisasi ini mencapai 95,19 persen.

Sebelum mengakhiri penyampaian LKPJ Bupati tahun 2020, Wabup Hendrik  mengucapkan terima kasih kepada DPRD KTT atas segala dukungan dan kerjasamanya, khususnya pada pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 lalu, serta kepada semua instansi Vertikal, aparat keamanan dan segenap pemangku kepentingan di KTT yang banyak memberikan Support terhadap Pemda dan tidak lupa Wabup Hendrik juga  mengucapkan terima kasih kepada segenap tokoh masyarakat, tokoh adat dan alim ulama.

Baca Juga :  Wakil Bupati Hendrik Boyong Tenis KTT ke Tarakan

Sementara itu, Wabup Hendrik saat menyampaikan Nota pengantar Pemerintah KTT terhadap tiga belas buah rancangan Peraturan Daerah mengatakan bahwa Nota Pengantar pada hari ini merupakan Penjelasan dari Rancangan Peraturan Daerah yang telah disampaikan kepada DPRD KTT pada Tanggal 28 Desember 2020 lalu.

Ketiga belas Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan tersebut adalah Rencana Detail Tata Ruang Perkotaan Sesayap, Garis Sepadan Bangunan, Rencana Tata Ruang Wilayah, Rencana Pembangunan Dan Pengembangan Perumahan Dan Kawasan Pemukiman, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2020-2030, Penanggulangan Bencana, Pedoman Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah, Kawasan Tanpa Rokok, Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah KTT Tahun 2020-2030, Pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum, Penyertaan Modal Ke PDAM, Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah, Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio dan Televisi dan Batas Desa.

Baca Juga :  Bupati Ibrahim Ali Jadi Narasumber Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru

Wabup Berharap ketiga belas Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan dapat segera dibahas bersama sesuai dengan tahapan dan mekanisme yang berlaku.

“Kiranya ke tiga belas Raperda yang diajukan, dapat dibahas bersama-sama dengan  eksekutif sesuai tahapan dan mekanisme yang berlaku dalam suasana kebersamaan, karena hanya dengan kebersamaan itulah kita dapat merumuskan kebijakan yang tepat dan cerdas, untuk menghasilkan produk yang  dapat membawa manfaat bagi upaya kita melakukan percepatan dan pemerataan peningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tana Tidung yang kita cintai,” tutupnya.(*)

Reporter: Dwi
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *