Polres Malinau Masih Menunggu Kebijakan Pemda Soal Kebijakan Ibadah Ramadan

Malinau – Menjelang bulan suci ramadan yang masih diselimuti pandemi covid-19, Polres Malinau semakin siap dalam melakukan pengamanan.

Kapolres Malinau AKBP Agus Nugraha SH MH SIK mengatakan pengamanan yang dilakukan oleh Polres Malinau kemungkinan besar akan sama dengan pengamanan di bulan ramadan sebelumnya, mengingat bulan ramadan kali ini masih sama seperti ramadan tahun lalu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1549 votes

“Kemungkinan akan sama dengan tahun lalu. Namun bedanya tahun ini mungkin akan sedikit longgar khususnya terkait prokes,” kata Kapolres.

Longgar yang dimaksudkan oleh Kapolres Malinau ialah, terkait kegiatan-kegiatan ibadah masyarakat saat bulan Ramdan.

“Tahun lalu kan kita belum bisa menghadapi pandemi covid karena masih baru saat itu, sehingga banyak kegiatan yang dilarang. Namun kalau tahun ini masyarakat kita sudah mulai paham, ditambah sudah ada vaksinasi, jadi masyarakat bisa lebih leluasa dalam beribadah,” ujarnya.

Meski begitu, Kapolres juga mengaku masih menunggu himbauan dari Pemerintah Daerah (Pemda) terkait kebijakan kegiatan masyarakat di bulan ramadan.

“Tergantung Pemda nanti seperti apa, tapi kalau saya harapkan tarawih tetap bisa dilaksanakan, meski dengan prokes dan pengawasan. Karena hal ini merupakan ibadah yang dijalankan saat bulan ramadhan,” pungkasnya.

Walaupun sangat mengharapkan agar salat tarawih bisa dilaksanakan secara berjamaah, namun tidak untuk tradisi ramadhan lainnya yang menurut Agus bukan bagian dari kegiatan ibadah, seperti beduk sahur, pawai ramadhan ataupun konvoi saat berbuka puasa.

“Kegiatan itu baik sebenarnya jika dijalankan dengan baik, namun saya himbau untuk jangan dilakukan karena kita masih dalam situasi pandemi covid-19, apalagi kegiatan itu juga kurang manfaat, apalagi harus mengumpulkan orang banyak, jadi demi keselamatan bersama alangkah baiknya jangan dilakukan,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *