oleh

Kemenag Tarakan Harapkan Tempat Hiburan Hentikan Aktifitas Selama Ramadan

TARAKAN – Menyambut Bulan Suci Ramadan Tahun 1442 H/2021 M, Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan menyerukan edaran agar muslimin dan muslimat agar menjaga kesucian Ramadan dan mematuhi protokol kesehatan saat beribadah.

Seruan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Menyambut Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M Di Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 29 Maret 2021.

Saat dikonfirmasi oleh benuanta.co.id, Kepala Kantor Kemenag Tarakan, H.M. Shaberah, S.Ag., M.M menyatakan pihaknya mengajak umat Islam untuk memelihara kesucian bulan puasa.

“Kepada kaum Muslimin dan Muslimat agar menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan penuh sukacita, hendaklah senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menyempurnakan ibadah puasa Selama Bulan Ramadhan, mengisi malam-malam Ramadhan dengan meramaikan masjid dan langgar/mushalla dengan Shalat Tarawih berjama’ah, Tadarus dan memperbanyak ibadah lainnya dan bermunajat kepada Allah SWT, untuk keselamatan Kota Tarakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” tulisnya dalam surat yang ditandatangani oleh Kakankemenag Tarakan.

Baca Juga :  Satpol PP Tarakan Amankan Pelaku Pembuang Sampah di Gunung Selatan

Shaberah juga ajak semua pihak untuk memelihara situasi yang telah kondusif, sejuk dan damai, serta memelihara dan menjaga kesucian bulan yang teramat mulia ini, dengan cara menghindari dan mencegah perbuatan keji dan mungkar.

“Diminta kepada semua masyarakat pemilik rumah-rumah makan, restoran, warung makanan dan minuman, hendaknya dapat menyikapi dengan penuh toleransi dan penuh kearifan, sehingga tidak membuka rumah makan dan sejenisnya secara terbuka di siang hari selama Bulan Suci Ramadhan, sebagai penghormatan kepada orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa,” terkutip pada poin nomor 6 pada edaran tersebut.

Baca Juga :  Daftar Khatib Jumat 10 September di Masjid Wilayah Tarakan

Kemenag Tarakan menilai segala aktivitas yang mengandung perbuatan keji dan mungkar agar dihentikan selama Bulan Suci Ramadhan ini.

“Diminta pula kesadarannya, bagi pemilik tempat-tempat hiburan, lokalisasi pekerja sex komersial (PSK), agar mengehentikan aktivitasnya selama Bulan Suci Ramadhan,” lanjutnya.

Shaberah dengan tegas akan memonitoring edaran ini agar dapat diimplementasikan di masyarakat. Walaupun begitu, ia terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Penjaga Gudang Terbakar Sering Ditegur Warga Sejak 3 Tahun Lalu

“Kemarin kami sudah rapat bersama pak Wali Kota sehingga untuk memastikan edaran ini terjalankan maka kami bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP),” tuntas Shaberah.(*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed