Tebing di Jelarai Hulu Longsor, Ratusan Makam Terancam Ambruk

TANJUNG SELOR – Hujan dengan intensitas  tinggi membuat bibir tebing Tempat Pemakaman Umum (TPU) warga Desa Jelarai Selor, Kecamatan Tanjung Selor, terjadi longsor. Akibatnya, ruas jalan jelarai hulu yang berada di depan makam selebar 4 meter tertutup tanah longsor, Selasa (23/3/2021).

Salah satu tokoh masyarakat Desa Jelarai, Tasa Gung mengungkapkan, puluhan warga berbekal alat seadanya langsung gotong royong membersihkan material longsoran yang menutup satu-satunya akses jalan tersebut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1576 votes

“Kejadiannya sekira pukul 10.00 wita, puluhan pemuda bersama warga desa setempat secara swadaya langsung membersihkan material tanah longsor di badan jalan agar aktivitas warga tidak terhambat. Beruntung tidak ada makam yang ikut longsor,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Lanjutnya, akibat longsor tersebut ratusan makam yang berada di bibir tebing terancam ambruk sebab struktur tanah yang tidak labil, sehingga warga berencana akan membuat turap ulin sebagai  antisipasi terjadi longsor susulan.

“Luasan makam ini sekira 2 hektare (ha) dan ada ratusan makam tua oleh mayoritas warga dayak, beruntung sudah tidak ada lagi aktivitas pemakaman lagi di situ karena sudah ada lokasi pemakaman baru di jelarai hulu. Tapi, warga berharap ada perhatian pemda bersama pemdes setempat atas dampak longsor di makam tersebut,” kata pria yang menjabat ketua Komisi II DPRD Bulungan dari fraksi Hanura ini.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Sementara itu Kepala desa Jelarai, Remington menambahkan, empat makam warga yang berada di tebing kondisinya cukup memprihatinkan sehingga dimungkinkan akan dilakukan relokasi ke pemakaman warga jelarai Hulu.

“Antisipasinya bisa lakukan relokasi atau pemindahan empat makam itu, rencana itu perlu dibicarakan dengan pihak keluarga. Untuk kondisi darurat rencananya akan kita buatkan turap sementara agar longsoran di makam tua itu bisa diantisipasi dulu,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Reporter: Victor
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *