oleh

Pemuda Himatapara Gelar Baksos, Bantu Perekonomian Masyarakat Desa

TANJUNG SELOR – Pemuda menjadi salah satu penggerak terbesar pemulihan ekonomi dalam Pandemi Covid-19. Para pemuda diharapkan mampu melakukan inovasi agar bisa turut membantu pemulihan ekonomi warga, terutama bagi yang terdampak.

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Tanjung Palas Utara (Himatapara) menggelar bakti sosial. Dengan mengumpulkan bantuan untuk dibagi kepada warga yang membutuhkan.

“Jadi kegiatan ini sudah dipersiapkan jauh hari, mulai dari pengumpulan donasi hingga pembagian yang dilakukan,” ungkap koordinator kegiatan, Ropik kepada benuanta.co.id, Ahad 21 Maret 2021.

Baca Juga :  Kantor KUA Tanjung Selor Dibangun Lebih Representatif, Selain Balai Nikah Ini Fungsi Lainnya

Dia menuturkan, sejak masa Pandemi Covid-19 ini berlangsung, kondisi ekonomi mempengaruhui segala sektor, terutama masyarakat pedesaan seperti di Kecamatan Tanjung Palas Utara. Banyak keluarga miskin yang butuh uluran tangan karena pembatasan pekerjaan. “Terlebih bagi yang lansia sangat diawasi produktivitasnya karena rentan terkena covid,” tuturnya.

Selain melakukan pengumpulan bantuan secara mandiri, Himatapara juga bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dalam melaksanakan bakti sosial. Kegiatan amal berupa pembagian bantuan sembako sasarannya kaum Mustahik dalan program Layanan Mulia Mustahik (LAMMUS).

Baca Juga :  Serapan APBN di Provinsi Kaltara Mencapai 60,14 Persen

“Jadi kami sama-sama melakukan baksos. Ada 21 peket hari ini kami bagikan. Kami selalu berupaya aktif dalam agenda menghidupkan organisasi dan pada kesempatan kali ini kebetulan kami membangun kerja sama dengan IZI,” jelasnya.

Ropik menyebutkan, bantuan itu dibagikan di beberapa desa. Di antaranya Desa Ardi Mulyo, Desa Karang Agung, Desa Panca Agung, Desa Ruhui Rahayu dan Desa Kelubir.
Menurutnya masih banyak agenda lainnya yang akan terus didorong. Kedepan diupayakan tak hanya mengumpulkan bantuan tetapi juga berupaya menciptakan inovasi untuk pemilihan ekonomi dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Berkah Maulid Nabi, Pedagang Pernak-Pernik di Nunukan Ramai Pembeli

“Walaupun pandemi generasi muda harus turut aktif dalam menghidupkan kegiatan di desa-desa. Sudah sepatutnya kita turut berperan untuk daerah kita pada khususnya, dan khususnya di lingkungan kita,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *