Sejarah Terbentuknya Kaltara Akan Diabadikan dalam Buku

TANJUNG SELOR – Sejarah terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal diabadikan dalam buku. Rencana yang diinisiasi oleh sejumlah pejuang Kaltara ini didukung penuh Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum.

Gubernur Zainal mengatakan, terciptanya buku ini menjadi pegangan untuk melahirkan tekad dan semangat sebagai provinsi baru yang penuh cerita. Menurutnya, kekhawatirannya terhadap orang-orang dahulu yang menjadi saksi dari perjalanan provinsi ke-34 ini. Ia tidak ingin ke depannya para sesepuh yang telah berjuang justru terlupakan dan tidak lagi dikenang dalam sejarah.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1588 votes

“Kita akan menghimpun dan mencatat kembali para pelaku sejarah terbentuknya provinsi ini. Tujuannya agar cerita sejarah yang akan dibukukan ini lebih lurus dan meninggalkan hal-hal baik,” jelas Gubernur Zainal. Dipastikan, tim penelusuran sejarah terbentuknya Kaltara akan mengakomodir semua orang yang terlibat.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

Ismit Mado, salah satu tokoh pemuda yang turut memperjuangkan pembentukan Kaltara menegaskan, rencana pembuatan buku untuk menguatkan bahwa tanggal 25 Oktober adalah hari lahirnya Kaltara.

“Acuannya dari hearing (rapat dengar pendapat) tentang perubahan hari jadi Kaltara di DPRD Kaltara kemarin, di mana seluruh peserta hearing menyetujuinya untuk diubah ke tanggal 25 Oktober,” kata Ismid Mado.

Dia menambahkan, terciptanya buku ini menjadi pegangan untuk melahirkan tekad dan semangat sebagai Provinsi baru yang penuh cerita.

“Saya mau tim pembuatan buku itu terdiri dari orang tua (tokoh adat, Red.) kita. Orang tua yang akan menjadi sumber, anak-anak kita akan menulis. Ini namanya proses, pasti ada jatuh. Kita begini bukan untuk menampakan kelemahan, tapi kita bangga dengan sejarah,” tambah Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP.

Baca Juga :  Biro PBJ Kaltara Dorong Setiap OPD Gunakan E-Katalog

Buku tersebut, pinta Yansen, harus menjelaskan mengenai sungai di Kaltara. Baginya, sungai-sungai tersebut merupakan bagian dari masyarakat yang mendukung terbentuknya Kaltara.

“Adanya sungai di wilayah kita ini jadi filosofi masyarakat Kaltara. Ada Sungai Kayan, Sungai Bahau, Sungai Sembakung, dan sungai yang lain, itu semua harus disebut. Kalau tidak kita sebut, artinya kita tidak mengakui masyarakat yang ada di sana juga,” ungkap mantan Bupati Malinau ini.

Dia menambahkan, perjuangan yang dihadapi untuk melahirkan Kaltara telah melibatkan banyak orang. Setiap desa dan kabupaten memiliki peran penting dalam mendukung terciptanya provinsi baru ini. Pihaknya tidak ingin ketika Kaltara telah tercipta sebagai Provinsi, elemen-elemen penting ini tidak lagi diperhatikan.

Baca Juga :  MUI Minta Aparat Tak Ragu Tindak THM yang Nekat Buka Selama Ramadan

“Seluruh desa di Kaltara telah membuat pernyataan persetujuan lahirnya Kaltara kita. Sekarang setelah jadi provinsi, jangan pula desa-desa tidak lagi diperhatikan. Saya telah merasakan yang seperti itu, pokoknya jangan sampai terjadi lagi,” tegas pria 61 tahun ini.

Wagub Yansen juga meminta kepada para tokoh adat beserta tim yang terbentuk untuk segera menyelesaikan kerangka buku sejarah di Kaltara. Ia berharap tepat pada 25 Oktober nanti buku yang ditunggu-tunggu sudah selesai dan siap untuk disosialisasikan kepada khalayak umum. (mil/saq/sur)

 

Sumber: Diskominfo Kaltara

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *