Bertemu Menteri PPN/Bappenas, Gubernur Zainal Minta Pembangunan Jalan Perbatasan Dipercepat

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum menemui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa. Pertemuan ini berlangsung di Kantor Kementerian PPN/Bappenas di Jakarta, pukul 19.00 hingga 19.45 WIB, Kamis (18/3/2021).

Banyak hal yang disampaikan Gubernur Zainal kepada Menteri Suharso. Di antaranya permintaan jalan perbatasan agar dipercepat, dan kondisi jalan perbatasan yang memperihatinkan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1588 votes

“Kita minta dipercepat agar jalan perbatasan itu bisa fungsional, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, agar roda perekonomian masyarakat berjalan lancar,” kata Gubernur Zainal usai bertemu Menteri Suharso.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

Keinginan Gubernur Zainal ini pun disambut baik oleh Menteri Suharso. Bahkan menjadi atensi bagi Kementerian PPN/Bappenas.
“InsyaAllah beliau (Menteri Suharso) akan support membangun Kaltara. Mengingat Kaltara beranda depan Indonesia,” kata mantan Wakapolda Kaltara ini.

Untuk diketahui, pembangunan jalan perbatasan di Kaltara dimulai 2019 lalu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jalan nasional ini dibagi atas tiga ruas. Yaitu Long Boh hingga Malinau sepanjang jalan 614,55 km, ruas jalan paralel perbatasan dari Malinau hingga Long Midang sampai di Tau Lumbis-Nunukan 352,04 km, dan Malinau menuju Krayan Nunukan dengan panjang sekitar 200 km.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Ajak ASN dan Masyarakat Berzakat 

Pembangunan jalan perbatasan di Kaltara mencakup pembangunan jalan, pemeliharaan, serta pembangunan jembatan.

Pada 2019, pembangunan jalan Long Boh-Metulang-Long Nawang dengan nilai kontrak Rp209,9 miliar dengan progres fisik pengerjaannya mencapai 93,37 persen. Jalan Long Pujungan-Long Kemuat (buka hutan) dengan nilai kontrak Rp59,9 miliar realisasi fisiknya mencapai 98,49 persen.

Kemudian pembangunan jalan Long Nawang-Long Pujungan (bukan hutan) segmen 1 dan 3 dengan total anggaran Rp224,7 miliar dengan realisasi rata-rata di atas 97 persen. (sur)

Baca Juga :  Target Pengmpulan Zakat Kaltara Capai Rp 3 Miliar

Sumber: Diskominfo Kaltara
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *