Asisten II Ikuti Program Keamanan Terpadu Secara Virtual

MALINAU – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kristian Muned, mengikuti secara virtual Kick Off Program Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten/Kota Pangan Aman, yang berlangsung di Ruang Rapat Intulun, Lt. II, Pemda Malinau, Selasa (16/3/21).

Kepala BPOM Deputi III, Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Rita Endang dalam sambutannya mengatakan, melalui UU 18 Tahun 2012 tentang pangan mengamanatkan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, pemenuhan pangan tersebut mencakup kecukupan gizi, mutu dan keamanan pangan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2020 votes

Menurutnya, pemerintah daerah menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keamanan pangan.

Tak hanya itu saja, dalam sambutannya ia juga mendorong program prioritas nasional ini harus direvitalisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya dan meningkatkan komitmen daerah untuk melindungi masyarakatnya melalui keamanan pangan.

“Untuk itu, menjaga ketahanan dan pemenuhan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama,” kata Kristian saat ditemui.

Tak sampai disitu, untuk mewujudkan keamanan pangan perlu dilakukan melalui 3 pilar keamanan pangan, yakni Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan masyarakat.

“Melalui program keamanan pangan terpadu di Kabupaten/Kota, diharapkan pemenuhan dan keamanan pangan yang merupakan bagian dari hak masyarakat dan diatur Undang-undang dapat tercapai,” imbuhnya.

Program yang diinisiasi oleh Badan POM RI tersebut, nantinya diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pemulihan perekonomian masyarakat pada masa pandemi Covid-19, mengingat banyaknya dampak diberbagai sektor yang telah terjadi selama pandemik covid19 di Malinau.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *