Medco Gelar Bimbel Online, Diikuti 50 Siswa dari 6 SMA di Tarakan

250 Siswa di Area Operasi Migas Medco Berpartisipasi Bimbel Secara Online

TARAKAN – Siswa SMA kelas 12 sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Mendukung upaya siswa untuk lolos SBMPTN, Pekerja dan Manajemen Medco Grup menginisiasi kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) online untuk 50 siswa dari 6 SMA di Tarakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Program ini bekerja sama dengan penyelenggara bimbel terkemuka Ganesha Operation yang akan dimulai pada Senin (15/3). Kegiatan dibuka secara resmi oleh VP Relations & Security Medco E&P Indonesia Arif Rinaldi dihadiri oleh General Manager Medco E&P Kalimantan Region Herman Fauzi serta para Kepala Dinas Pendidikan di beberapa area operasi migas secara online.

Baca Juga :  BMKG Prediksi Hujan Lebat di Malam Hari, Catat Wilayahnya 

Para siswa yang menjadi peserta program ini merupakan hasil koordinasi antara Medco E&P dengan seleksi dari Dinas-Dinas Pendidikan setempat.

Menurut Arif Rinaldi, kegiatan ini adalah bagian dari Program Medco Peduli Pendidikan dan kelanjutan dari ‘Program 1000 Gawai bagi Anak Negeri’. Program ini bertujuan untuk mengejar pembelajaran siswa akibat dampak pandemi COVID-19.

“Akibat pandemi ini, seluruh sekolah melaksanakan penyesuaian proses pembelajaran dengan berbagai keterbatasan. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini agar siswa di area operasi Medco dapat lebih siap menghadapi ujian masuk perguruan tinggi,” jelas Arif.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Akhmad Yani, S.Pd, M.Pd menyambut kegiatan ini dengan baik. “Karena sesuatu yang positif, karena pendidikan milik bersama jadi tanggung jawab bersama, semua harus bersinergi, masyarakat juga,” ujarnya.

Baca Juga :  Target Pengmpulan Zakat Kaltara Capai Rp 3 Miliar
Peserta antusias mengikuti pembekalan.

Sudarmoko selaku Supervisor PA Security dan GS PT Medco E&P Tarakan menuturkan, sebanyak 50 siswa dari 6 sekolah SMA baik negeri dan swasta di Tarakan mengikuti bimbel online tersebut.

“Kita kerjasama dengan dinas pendidikan Kaltara, bimbingan belajarnya sampai April jelang SBMPTN jadi secara virtual karena masih pandemi,” jelasnya.

Tanggapan siswa yang menjadi peserta dalam bimbel online ini, Almah Kanita siswi kelas 12 SMAN 2 Tarakan menyebutkan, dengan adanya bantuan bimbingan belajar ini bisa lebih mudah akses materi yang relevan untuk menjawab soal-soal. “Karena setiap tahun soal bisa berubah ubah, terutama materi yang muncul di SBMPTN, saya terbantu dengan bimbel online ini,” ungkap Almah yang berkeinginan masuk ke Universitas Diponegoro prodi Ilmu Hukum.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Kemudian Rifki Nuzulianyah, siswa kelas 12 SMA Hang Tuah Tarakan ini mengatakan, ia berharap bimbel online dapat menunjang dirinya untuk lolos seleksi masuk ke perguruan tinggi ilmu kedokteran di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Ia tak menampik belajar via daring selama di sekolah cukup menemui hambatan.

“Siswa belajar daring selain akses maupun proses penyampaian materi kami tidak dapat leluasa berdiskusi kalau ada masalah dengan soal yang sulit,” ujarnya.

Bimbel secara online bagi 250 siswa di area-area operasi minyak dan gas (migas) Medco di Jawa Timur, Kalimatan Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Aceh Timur. Kegiatan ini terselenggara berkat pengumpulan donasi dari Pekerja dan Manajemen Medco Grup.(*)

Reporter: Ramli
Editor: Niki Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *