Kunjungi Mahasiswa KTT di Tarakan, Bupati Akan Naikkan Anggaran Beasiswa Menjadi Rp 1 Miliar

TARAKAN – Mengunjungi asrama putri Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Tana Tidung (IPMKTT) di Kampung Satu/Skip, Kota Tarakan, Kamis 11 Maret 2021, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali Amd., berharap agar para pelajar dan mahasiswa selalu giat belajar.

“Kepada adik-adik mahasiswa tugas mereka adalah belajar dengan baik, selesaikan kuliah dengan tepat waktu biar bisa membahagiakan orangtua,” ujar Ibrahim Ali.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Dalam kunjungan tersebut, Bupati juga melakukan dialog dengan para mahasiswi. Bupati Ibrahim Ali menyampaikan, dirinya akan sangat memperhatikan dunia pendidikan di KTT. Salah satu bentuk perhatian tersebut adalah akan meningkatkan beasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian khusus. Seperti peningkatan nominal penerima beasiswa prestasi yang sebelumnya hanya Rp 2,1 juta menjadi Rp 5 juta.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

“Kalau kemarin kan kita hanya menganggarkan beasiswa perguruan tinggi itu hanya Rp 241 juta saja, tahun ini InsyaAllah saya akan naikan menjadi Rp 1 miliar. Tapi kalau dulu itu dikelola oleh Kesra, tahun ini akan kita bentuk Dewan Pendidikan dan semua beasiswa itu akan dikelola oleh dewan pendidikan,” terangnya.

Sebelum menerapkan kebijakan tersebut, Pemkab Tana Tidung juga akan mengubah beberapa petunjuk teknis (Juknis) bagi penerima beasiswa. Yakni jika sebelumnya penerima beasiswa hanya khusus yang sudah semester 5 ke atas, maka ke depan semester bawah juga bisa mendapat kesempatan.

Baca Juga :  Buka Bersama, Pj. Wali Kota dan Gubernur Bagikan Bantuan Beras ke Petugas Kebersihan

“InsyaAllah nanti berdasarkan Juknis dengan Peraturan Bupati (Perbup) saya akan ubah kembali, yang tadinya (penerima) semester 5, itu menjadi semester 3 sudah bisa mendapatkan beasiswa,” urainya.

Kemudian beberapa administrasi kedepannya juga dibenahi untuk diperketat. Misalnya pembayaran beasiswa akan dikoneksikan langsung dengan bagian akademi universitas.

“Jadi nanti uang transfernya langsung ke kampus mereka yang bersangkutan, kita akan cek keberadaan dia. Apakah benar masih mahasiswa aktif di kampus tersebut, seperti itu,” tandasnya.(*)

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

 

Reporter : Yogi Wibawa

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *