oleh

Pembangunan Lapter di Binuang Akan Dibagi-bagi Tugas

TANJUNG SELOR – Lapangan terbang (Lapter) di Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, yakni di Binuang direncanakan akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltara. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, Taupan Majid, yang menurutnya dalam waktu dekat sudah bergerak. “Lapangan terbangnya kita bangun dengan lapisan penetrasi,” ucapnya kepada benuanta.co.id.

KataTaupan, pembangunan lapter ini atas dasar permintaan masyarakat Nunukan, khususnya wilayah pedalaman. Sehingga pembangunannya diprioritaskan untuk dikerjakan tahun ini. Di mana kondisinya masih jauh dari aspek keselamatan.

“Memang diprioritaskan terlebih untuk warga kita yang sakit. Pembangunan itu karena sudah banyak warga yang meminta,” jelasnya.

Taupan menuturkan, panjang landasan pacu akan disesuaikan sesuai standar bandara yang menggunakan lapisan penetrasi. Untuk lapter Binuang inipun masih berupa rumput.

Baca Juga :  Pedagang Tak Teratur, Pemkab Bulungan Akan Tata Kembali Pasar Induk

“Yang mendarat itu ‘kan jenis pesawat Pilatus, panjang landasan pacunya 570 meter. Kita inginkan lapter ikut standar bandara,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum dan Pemerintah Kabupaten Nunukan telah melakukan MoU dengan Kementerian Perhubungan. Sehingga kedepannya dalam mengembangkan lapter ini akan ada pembagian tugas.

“Jadi untuk pembangunan fisik dari Kementerian Perhubungan, dari Pemprov Kaltara akan menyiapkan akses jalan dan Pemkab Nunukan dari terminal dan personelnya,” pungkas Taupan. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed