oleh

Kurangi Angka Pengangguran, Disnaker Rencanakan Pelatihan Kerja Tahun 2021

MALINAU – Dukung penuh program pemerintah dalam mengatasi pengangguran dimasa pandemik covid19, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kabupaten Malinau, perkuat program pelatihan kerja kepada masyarakat khususnya pemuda.

Saat ditemui kepala Disnaker kabupaten Malinau Irwan Darma mengatakan, penguatan program pelatihan dimaksudnya untuk memberikan skill atau kemampuan bidang kerja kepada masyarakat yang ingin melakukan usaha atau mencari pekerjaan.

“Kami memiliki beberapa program kerja, termasuk orientasi pelatihan kerja, dimana hal ini nantinya dapat meningkatkan kemandirian peserta yang mengikuti program ini dengan memberikan bekal ilmu untuk terjun ke dunia kerja,” kata Irwan.

Dalam melaksanakan orientasi pelatihan kerja, Irwan menjelaskan perseta yang mengikuti program ini nantinya akan diberi bimbingan dan bekal ilmu sesuai dengan jenis pelatihan yang dipilih para peserta.
“Banyak pelatihan yang bisa diambil sesuai dengan kebutuhan atau pilihan peserta, ada pelatihan otomotif, pembangunan, kerajinan tangan dan lainnya,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Bupati Malinau Serahkan Seragam Batik Corak Malinau Kepada Pelajar

“Dari semua pelatihan itu tentunya akan sangat berguna untuk para peserta, bekalnya bisa dibuat untuk membuka usaha atau bekerja di perusahaan,” pungkasnya.

Tak hanya itu saja dalam pelatihan kerja yang akan dilakukan pada tahun 2021 ini, Irwan mengungkapkan para peserta nantinya tidak hanya akan diberikan bekal pelatihan saja. Tapi juga akan diberikan alat-alat yang sesuai dengan program pelatihan yang mereka ikuti nantinya.

“Ada alat bengkel, alat pertukangan hingga alat kesenian kerajinan tangan atau alat yang sesuai dengan pelatihan mereka. Jadi, jika mereka tidak bekerja, mereka bisa menggunakan alat itu untuk membuka usaha,” imbuhnya.

Dengan adang program pelatihan kerja, Irwan berharap agar nantinya pihak perusahaan tidak lagi mencari pekerja dari luar wilayah Malinau karena bisa merekrut langsung para peserta yang telah mengikuti pelatihan kerja.(*)

Baca Juga :  Maksimalkan Pencegahan Virus Corona, Bupati Malinau Terbitkan Surat Edaran

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed