oleh

Kodim 0903 TSR Resmi Buka TMMD KE-110, Akan Bangun Jalan 1.900 Meter

TANJUNG SELOR – Kodim 0903 Tanjung Selor melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Palas. Hari ini dilakukan pembukaan oleh Dandim 0903 TSR Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly di kantor Bupati Bulungan.

“Di mana kegiatan ini merupakan Operasi Bakti TNI melalui program TMMD. Sasarannya daerah miskin, tertinggal, terisolir atau terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar serta daerah terkena bencana alam,” ungkap Dandim 0903 TSR Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly kepada benuanta.co.id, Selasa 2 Maret 2020.

Dia menuturkan, kegiatan ini melibatkan semua pihak sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah. Serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Baca Juga :  Pengelolaan SDF akan Diserahkan ke Pemkot, Gubernur Minta Segera Siapkan Perusda

“Kita sudah lakukan secara rutin setiap tahunnya dan telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kita di dalam percepatan dan pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Di samping itu, program TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah baik pusat maupun daerah. Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Kata Dandim, kegiatan pada TMMD ke-110 ini ada 2, yakni kegiatan fisik dan kegiatan non fisik. Untuk kegiatan fisik mencakup berupa pembuatan badan jalan dengan ukuran panjang 1.900 meter dengan lebar 6 meter dan parit kanan kiri jalan ukuran 2 x 50 Cm sepanjang 1.900 meter bertempat di Kelurahan Tanjung Palas.

Baca Juga :  Butuh Satu Kursi Lagi, Najamuddin-Ari Yusnita Segera Deklarasi

“Pembuatan jembatan kayu ulin dengan ukuran 4 x 6 meter bertempat di Kelurahan Tanjung Palas Hilir. Lalu rehab Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) 5 unit antara lain 1 unit di Desa Gunung Putih, 2 unit di Kelurahan Tanjung Palas Hilir, 2 unit di Desa Teras Baru, merehab Mushola Al-Amin di Desa Gunung Putih dan pembuatan gorong-gorong,” sebut Sapta.

Sementara untuk kegiatan non fisik di antaranya sosialisasi bela negara, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba dan Kamtibmas. Kegiatan sosialisasi radikalisme dan terorisme, sosialisasi kualitas kesehatan khusus stunting, pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM), posyandu, peningkatan kesehatan dan sosialisasi atau penyuluhan Pertanian.

“Kita harap kepada lurah atau Kepala Desa yang daerahnya menjadi lokasi TMMD ini, agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama 30 hari pelaksanaan TMMD Ke-110 ini. Supaya tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan,” paparnya.

Baca Juga :  Ini Tantangan Pengawasan Pilkada Bawaslu di Tengah Covid-19

Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan, Drs. Syafril menuturkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bulungan berterimakasih kepada Kodim 0903 TSR karena telah menyelenggarakan kegiatan TMMD.

“TMMD ini merupakan wujud nyata keperdulian dan dukungan TNI kepada pemerintah dalam hal percepatan pembangunan di daerah terpencil dan terisolir di seluruh indonesia, melalui kegiatan yang bersifat fisik dan non fisik,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed