oleh

Pemilik HD Dekor, Andi Ditangkap di NTT saat Kabur dari Kaltara Membawa Uang Miliaran

TANJUNG SELOR – Pelarian owner HD Dekor Bernam Andi alias AI terhenti setelah dijadikan daftar pencarian orang (DPO) oleh Polda Kaltara. Dia diamankan oleh Polres Alor Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Ahad 28 Februari 2021.

“Ya kami sudah tangkap dan amankan bos HD Dekor di Pulau Alor, siang kami amankan siang kemarin,” ungkap Dirreskrimum Polda Kaltara KBP DR. Saut Panggabean Sinaga┬ámelalui AKP Guntar Arif Kanit Subdit 4 Ditreskrimum Polda Kaltara kepada benuanta.co.id, Senin 1 Maret 2021.

Kata dia, penangkapan tersangka penipuan ini di-backup oleh Polres Alor, setelah itu pihaknya datang melakukan penjemputan. Tak hanya satu yang diamankan, melainkan ada rekan pelaku atas nama SH. Saat itu Andi diamankan di atas kapal saat menyeberang dari Pulau Atambua, NTT. “Ada 2 yang kami amankan dari sana, AI dan SH terduga pelaku,” sebutnya.

Baca Juga :  Menteri Edhy ditangkap terkait izin ekspor baby lobster

Dari tangan pelaku ini diamankan uang, hanya saja pihaknya belum merincikan berapa besarannya. Pasalnya kasus ini masih akan dilakukan penyidikan dan pengembangan. “Ada uang diamankan, ini milik para korbannya. Masih dirincikan dan kedepannya akan dirilis pak Dir,” ucapnya.

Sebelumnya Polres Bulungan memburu pelaku karena sudah banyak laporan yang masuk ke polisi. Karena ada salah satu korban merasakan kerugian hingga Rp 1,7 miliar. Sehingga kerugian korban yang menggunakan jasa HD Dekor mencapai puluhan miliar.

“Korbannya banyak, kita terima 3 sampai 4 orang yang melapor. Kerugian bervariasi ada Rp 1,7 miliar ada beberapa ratus juta. Kita tafsir itu ada Rp 20 miliar yang dibawa kabur oleh Andi,” ucap Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Belnas Pali Padang melalui KBO Sat Reskrim Polres Bulungan IPDA Bernard FP Siregar kepada benuanta.co.id, Selasa 23 Februari 2021.

Baca Juga :  Kritisi Kinerja Pemprov Melalui Rekomendasi LKPJ APBD 2019

Bernard menuturkan, pemilik HD Dekor ini cukup pintar dalam menghilangkan jejak. Sejak dilaporkan pada bulan Januari 2021 lalu, keberadaannya di Tanjung Selor sudah tidak ada.

“Nomor handphone yang dipakai sudah ganti dan lainnya juga tidak terdeteksi. Bahkan kita lidik ke orang tua pelaku juga tidak ada,” jelasnya.

Kata dia, HD Dekor ini melayani dekorasi, make up atau rias pengantin dan catering. Biasanya ada harga spesial dan dibuat berbentuk paket dengan beberapa pilihan harga dan item yang diberikan oleh pemilik HD kepada warga yang menggunakan jasanya.

“Uang itu ada untuk bisnis, ada untuk biaya pernikahan dan investasi, serta utang. Bujuk rayunya itukan HD lagi naik daun ada promo, kemudian mengajak bisnis. Kebetulan acara nikahan yang bagus biasanya dia yang pegang sebagai EO,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Ratusan Karyawan Intraca Kembali Gelar Aksi Tuntut Gaji yang Belum Dibayar Penuh

Reporter: Heri Muliadi
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed