Gelar Syukuran, Pesan Ibrahim Ali: ASN adalah Pelayan Masyarakat, Jangan Bergaya Eksekutif

TANA TIDUNG – Sebagai ucapan syukur telah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung periode 2021-2024, Ibrahim Ali, A.Md dan Hendrik, SH.,MH., oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang, SH.,M.Hum, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) menggelar silaturahmi dan syukuran yang dilaksanakan di Gedung Pendopo Djaparuddin, Jumat 26 Februari 2021.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 0914/TNT, Ketua dan anggota DPRD KTT, Sekretaris Daerah, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kemenag KTT, Kapolsek Sesayap, Kepala Bawaslu KTT, Kepala KPU KTT, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2051 votes

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dalam sambutannya megatakan, Tana Tidung adalah rumah kita semua, kita punya sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan kita punya anggaran yang bila ditata dan dikelola dengan tepat, InsyaAllah akan memberikan dampak kesejahteraan pada masyarakat.

“Karena itu, saya mengajak kita semua untuk bekerjasama, membangun, menata dan menjaga rumah kita, Tana Tidung tercinta. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak peduli, apalagi sampai diam berpangku tangan. Bahkan mulai hari ini jangan ragu untuk memberikan saran dan masukkan, info dan opini,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ibrahim Ali juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan visi Bupati dan Wakil Bupati kedepan. “Selain Reformasi birokrasi, yang intinya adalah meningkatkan kinerja dan tanggung jawab pegawai, kami juga akan memastikan pelayanan publik bisa berjalan lebih baik. Tidak boleh ada masyarakat yang kesulitan dan menunggu terlalu lama ketika mengurus dokumen-dokumen, seperti akta kelahiran, KTP, KK, Izin Usaha dan sebagainya,” tegasnya.

Bupati Ibrahim Ali juga menginstruksikan kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Tana Tidung agar memosisikan diri sebagai pelayan masyarakat. Jadi tidak ada lagi ASN yang bergaya eksekutif, bergaya pejabat.

“Mari kita berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat KTT, agar masyarakat KTT tidak adalagi yang kesusahan. Maka dari itu saya instruksikan kepada seluruh pegawai hingga tingkat kecamatan, termasuk aparat desa, harus ikut melayani secara aktif, khususnya bagi wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten. Satu hal yang perlu saya garis bawahi, semua pelayanan publik harus bersih dari pungutan liar,” tegas Bupati.

Tak hanya itu, untuk memastikan semua pelayanan publik berjalan lancar, baik dan manusiawi, maka akan disediakan nomor pelayanan aduan masyarakat, yang langsung bisa dimonitor oleh Bupati dan wakil bupati. Yang mana aduan itu nanti akan terkoneksi langsung ke HP bupati dan wakil bupati, sehingga bisa segera direspons.

“Pekerjaan rumah kita masih sangat banyak, karena itu, program-program pemberdayaan adalah hal penting yang akan kita fokuskan pada desa sebagai garda terdepan. Dengan fokus membangun desa maka setiap OPD harus bekerjasama dan harus solid,” imbaunya.

Bupati juga mengimbau agar tidak ada ego sektoal dari masing-masing OPD. Tidak sekadar membuat perencanaan atau program, tapi juga harus aktif membina, mengawasi dan melibatkan masyarakat lewat program-program yang bersifat padat karya. UMKM, pertanian, perikanan dan sektor-sektor unggulan desa harus menjadi prioritas sesuai potensi wilayah masing-masing.

Jadi bukan hanya diberi bantuan atau pelatihan, namun juga didampingi, dibina dan bahkan juga diberi pinjaman modal, alat dan pasar. Sebab KTT punya potensi sumber daya alam seni kerajinan dan kuliner yang perlu dapat perhatian khusus.

“Dengan perhatian, pembinaan dan pengawasan serta komitmen dan tanggung jawab bersama yang kuat, semoga kelak kita bisa mengangkat derajat ekonomi dan martabat masyarakat Kabupaten Tana Tidung, apapun profesinya,” harapnya.

Acara tersebut juga diisi dengan momen pemotongan tumpeng yang dilakukan Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik, SH.,MH., serta dimeriahkan dengan pagelaran seni tari dan menyanyikan lagu khas daerah Kabupaten Tana Tidung. Kemudian ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari para tamu undangan dan sesi foto bersama.(*)

Reporter : Dwi Widdyaswiranata
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *