oleh

Gelar Syukuran Pelantikan, Ingkong Ala disambut Perwakilan Lintas Etnis di Kediaman Pribadi

TANJUNG SELOR – Setelah resmi dilantik pagi oleh gubernur Kalimantan Utara (kaltara) di aula gedung Gadis Pemprov Kaltara, Tanjung Selor, Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala sekira pukul 11.00 Wita, tiba di kediaman pribadi disambut oleh perwakilan warga lintas etnis yang menggunakan pakaian adat, Jumat (26/2/2021).

Penyambutan oleh tokoh agama, adat dan warga itu dengan menerapkan protokol kesehatan, membuat Wabup Bulungan didampingi istri dan keluarga terharu usai turun dari kendaraan dinas dengan mengenakan baju PDU lengkap. Ingkong Ala kemudian menyapa masyarakat yang telah menunggu kehadirannya sembari memegang bendera merah putih.

Di tengah-tengah penyambutannya, Ingkong Ala menyampaikan rasa syukur atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bulungan oleh Gubernur Kaltara yang berlangsung dengan sukses.

Baca Juga :  STIT Al-Anshar Tanjung Selor Gelar Yudisium Perdana Diikuti 33 Mahasiswa

“Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat Bulungan, euforia suka cita ini kita laksanakan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan karena masih di masa pandemi covid-19,” ungkap Ingkong Ala didampingi istri.

Pria kelahiran Long Nawang ini menegaskan, ia bersama Bupati Bulungan mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu membangun Kabupaten Bulungan.

“Mari kita bersatu untuk membangun Kabupaten Bulungan, sehingga daerah yang kita cintai ini akan lebih baik dan maju ke depannya,” tegas Ingkong Ala.

Rasa bangga dan terharu pun diungkapkan Ketua Kerukunan Batak Tanjung Selor, Arifin sihombing. Ia bersama warga Bulungan merasa bahagia atas dilantiknya Syarwani-Ingkong sebagai Bupati -Wakil Bupati Bulungan.

“Ucap syukur ini kami lakukan dengan spontanitas, pak Ingkong Ala ini kami anggap sebagai bapak pemersatu. Sebab, beliau sangat humanis, tidak canggung untuk berbaur dengan komunitas suku lain, tidak pernah memperlihatkan perbedaan. Ini juga bentuk rasa bangga kami kepada kepala daerah baru yang harapannya kedepan dapat memperkokoh tali persaudaraan dengan balutan warna warni kebhinekaan di Kabupaten Bulungan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sasar Daerah Terpencil, Polres Bulungan Salurkan 500 Paket Sembako

Dari pantauan media ini, meski diguyur hujan, acara pengucapan syukur itu berlangsung dengan lancar. Selain menggelar doa bersama, Ingkong Ala didampingi istri juga meladeni warga yang ingin foto bersama, namun tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Sebelumnya, Bupati Bulungan Syarwani pun menjalani beberapa prosesi adat Bulungan di Tanjung Palas. Ia bersama istri dan rombongan menaiki perahu Biduk Bebandung, berangkat dari rumahnya di Tanjung Palas menuju Tanjung Selor.

Kata dia, menaiki Biduk Bebandung merupakan inisiatif dari kerabat Kesultanan Bulungan dan Lembaga Adat Bulungan, supaya dirinya menaiki perahu yang dibentuk era Aji Muhamad yang bergelar Sultan Muhammad Amiril Kaharudidin II pada tahun 1867 hingga 1873 memimpi Kesultanan Bulungan.

Baca Juga :  Sudah 4 Tahun Jalan Cempedak Tak Dapat Perhatian, Pengendara Sering Jatuh

“Ini adalah inisiatif dari kerabat Kesultanan Bulungan, termasuk Lembaga Adat Bulungan untuk mengantarkan kita dari Tanjung Palas menuju Tanjung Selor,” tutup Syarwani.(*)

Reporter : Victor Ratu
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed