Malinau Vaksinisasi Tahap II, Topan Jelaskan Perbedaannya Dengan Vaksinisasi Tahap I

MALINAU – Vaksinisasi tahap II, Plt. Bupati kabupaten Malinau Dr. Topan Amrullah,.Spd.,M.Si mengaku ada yang berbeda dengan vaksinisasi tahap pertama.

Menurut pria yang akran disapa Topan itu mengatakan, vaksin tahap ke II yang dilakukannya di RSUD Malinau pagi tadi, sama sekali tidak menimbulkan efek samping seperti vaksinisasi pada tahap pertama yang dilakukannya pada 2 pekan sebelumnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1578 votes

“Kalau vaksin tahal I itu, efeknya hanya ngantuk saja yang saya rasakan. Tapi, pada vaksin kedua kali ini saya tidak merasakan apa-apa,” kata Topan.

Dengan tidak adanya gejala bahaya pada vaksin tahap I dan tahap II yang dilakukannya, Topan pun mengungkapkan kalau vaksinisasi merupakan hal yang sangat aman dan tidak berbahaya seperti yang beredar di masyarakat, Topan pun menghimbau kepada semua orang agar tidak takut bila nantinya akan divaksinisasi.

“Insyaa Allah aman kok dan menyehatkan, sebelum divaksin kondisi tubuh kita juga di cek terlebih dahulu, bahkan saya pun tidak merasa sakit saat di vaksin,” ungkapnya.

“Jadi jika ada berita yang miring soal vaksin yang informasinya tidak dapat dipertangung jawabkan, itu jangan dipercaya karena saya susah membuktikannya, kalau vaksin itu aman,” kata Topan.

Selain efek yang dirasakan, Topan juga membeberkan perbedaan lainnya mengenai vaksin tahap I dan tahap II kali ini, dimana untuk pembentukan antobodi kekebalan tubuh, vaksin I dan vaksin II ternyata memiliki jangka waktu yang berbeda-beda.

“Kalau tahap I itu, pembentukannya butuh waktu 14 hari, sedangkan untuk vaksin II itu butuh waktu 28 hari. Meski begitu, baik vaksin tahap I dan II itu tetap aman untuk kita semua,” imbuhnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *