Resmikan Posko Covid-19 di Perbatasan, Gubernur Gratiskan Rapid Antigen

TARAKAN – Menindaklanjuti program kerja prioritas dalam 100 hari kerja Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara yang baru, Drs. H. Zainal A Paliwang SH M.Hum-Dr. Yansen TP M.Si, salah satunya pencegahan COVID-19, maka langkah yang dilakukan salah satunya dengan membangun pos pemeriksaan di perbatasan Kaltara-Kaltim, yakni antara Kabupaten Berau dengan Bulungan.

Posko di perbatasan Kaltara-Kaltim ini telah diresmikan oleh Zainal Arifin Paliwang, Senin 22 Februari 2021 siang tadi. Posko ini akan menjadi filterisasi bagi warga yang akan masuk ke Kaltara agar tidak menyebarkan Covid-19.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang menyatakan, pembangunan pos pemeriksaan COVID-19 ini sebagai salah satu upaya Pemprov Kaltara dalam mencegah COVID-19. Pada pos ini nantinya dijaga oleh instansi lintas sektoral yang tergabung dalam Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Ia juga menekankan bahwa petugas di pos ini akan memperketat pemeriksaan dokumen warga yang melintas, baik masuk maupun keluar wilayah Kaltara. Apabila ditemukan ada warga yang tidak memiliki hasil pemeriksaan antigen COVID-19, maka Pemprov Kaltara akan menyediakannya secara gratis.

“Namun, jika ada warga yang ditemukan terkonfirmasi positif virus korona, maka akan dilakukan tindakan tegas dengan melakukan isolasi mandiri,” ungkap Zainal.

Selain pemeriksaan pada pintu masuk jalur darat, Pemprov Kaltara juga akan memperketat di pintu masuk laut dan udara. Kemudian akan dibangun pos-pos pada tingkat kelurahan dan desa hingga rukun tetangga (RT).

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

“Kita akan siapkan rapid antigen gratis bagi warga Kaltara yang mau keluar daerah. Semua jalur masuk dan keluar akan diperketat termasuk kita akan bangun pos-pos penanganan COVID-19 pada tingkat RT juga,” kata Gubernur Kaltara ini. (*)

 

Sumber: Media Relasi ZIYAP

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *