oleh

Karhutla di Juata Permai, KUA dan Panti Jompo Nyaris Tersulut Api

TARAKAN – Rabu sore (22/2/2021) telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Juata Permai, Kecamatan Tarakan Utara, sekira pukul 15.00 WITA. Kobaran api hampir mengenai Gedung Kantor Urusan Agama (KUA) dan Panti Jompo Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kasi Ops Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMK) kota Tarakan, Irwan mengatakan sekira pukul 15.00 WITA telah menerima laporan dari lurah Juata Permai terkait Karhutla di lahan milik pemerintah kota (pemkot) Tarakan.

“Kita dapat laporan dari lurah dan segera mengerahkan tim untuk melakukan pemadaman, lahan yang terbakar merupakan lahan kosong milik pemkot Tarakan dengan penuh semak belukar yang gampang tersulut api,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Senin (22/2/2021).

“Markas komando PMK Kampung Satu berkoordinasi dengan damkar sektor utara untuk segera mengawali respon time penanganan kebakaran lahan tersebut dan armada serta personil sektor utara tiba di lokasi pada pukul 15.15 WITA langsung mengambil posisi melaksanakan pemadaman,” tambahnya.

Irwan menjelaskan, luas lahan yang terbakar sebesar 200 meter x 100 meter, jarak lahan yang terbakar tidak jauh dengan gedung KUA dan Panti Jompo yakni sekitar 5 meter.

“Petugas bekerja dengan cepat, semua gedung aman, api merambat cepat namun bisa dihentikan sehingga tidak ada gedung yang terdampak api kebakaran,” terangnya.

Armada dan dukungan personil yang dikerahkan antara lain, armada fire truck sektor utara 1 unit, armada fire truck mako 1 unit, armada suply truck sektor utara 1 unit 5 ton, armada suply mako 1 unit 5 ton, armada BPBD 1 unit 2 personil, armada polsek utara 5 personil, PLN 3 personil, personil sektor utara 5 orang, personil mako 7 orang, Babinsa Tarakan utara 1 orang, Babinkamtibmas Polsek Utara 1 orang.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, imbauan kepada masyarakat agar tidak menggunakan cara membakar untuk membuka lahan perkebunan, dan selalu berhati-hati dalam menghadapi cuaca panas yang ekstrim,” tutupnya.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed