oleh

Kapolda Usulkan Polres Bulungan Naik Tipe C dengan Spesifikasi Polresta

TANJUNG SELOR – Polres Bulungan yang membawahi 2 wilayah pemerintahan, yakni Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung (KTT), kini diusulkan untuk naik tipologi. Salah satu pertimbangannya karena berada tepat di Ibukota Kaltara.

Hal itu disampaikan Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Bambang Kristiyono M.Hum. Upaya Polda Kaltara untuk Polres Bulungan adalah mengusulkan ke Mabes Polri untuk naik tipe.

“Saya selaku Kapolda mungkin bisa berbuat sedikit untuk mengusulkan Polres Bulungan menjadi Polres tipe C yang berpangkat Kombes,” ucap Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Bambang Kristiyono kepada benuanta.co.id, kemarin.

Sementara itu, Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro menuturkan, sesuai aturan baru Kapolri, maka posisi tipe Polres Bulungan masih pada tipe D yang dipimpin oleh pangkat AKBP. Dengan usulan menjadi tipe C maka Polres Bulungan bisa menjadi Polresta dengan pangkat pimpinan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

“Ada juga tipe Polres Metro seperti Jakarta dan Polrestabes dengan level Kombes Pol yang sudah naik levelnya yang sudah sekolah Sespimti, Sesko TNI atau Lemhanas,” ungkap Teguh.

Tahapannya sendiri, saat ini dari Polda Kaltara telah mengajukan ke Mabes Polri. Kemudian bersurat. Nantinya akan ditelaah dan dikaji kembali apakah kesiapannya sudah matang atau belum.

“Tapi ini ‘kan Ibukota Provinsi, beberapa polres-polres di ibukota provinsi lain juga sudah mulai diajukan seperti Gorontalo, Kendari, Mamuju dan daerah yang ada ibukota provinsinya,” sebutnya.

Dirinya berharap segera terwujud, apalagi Kapolda Kaltara telah mengusulkan langsung ke pusat. Sehingga Polres Bulungan menjadi Polresta dengan dijabat Kombes Pol. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed