Polres Bulungan Canangkan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM

TANJUNG SELOR – Polres Bulungan mencanangkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Peresmian Lapangan Tembak Endra Dharmalaksana Polres Bulungan.

Kegiatan dihadiri Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH MM.Hum, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Waka Polda Kaltara Brigjen Pol Erwin Zadma, PJU Polda Kaltara, PJU Korem, Jajaran Kapolres Se Kaltara, dan Dandim 0903 TSR.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Kita sudah laksanakan Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM, kita akan persiapkan karena Polda Kaltara mengirimkan 4 Satker Satwil. Saya mohon dukungan dan sinerginya,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro kepada benuanta.co.id, Jumat 19 Februari 2021.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Kata dia, dalam menuju Zona Integritas (ZI) itu mencakup pada pelayanan prima, pelayanan publik dan wilayah bebas korupsi, sehingga Polres Bulungan menekan untuk pencegahan korupsi. Dia berharap sumber daya manusia (SDM) Polres Bulungan tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). “Kita harapkan sumber daya manusia Polres Bulungan jangan sampai ada KKN,” jelasnya.

Teguh mengatakan, ZI ini predikat yang diberikan oleh instansi atau kementerian lembaga yang melaksanakan pelayanan publik, itu untuk mencegah KKN. Di mana penyelenggaranya dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

“Nanti ada tahapannya, yang telah terlaksana tahapan seremoni yang harus disaksikan. Kemudian ada tahapan sosialisasi. Pada tanggal 4 hingga 6 Maret akan dilaksanakan penilaian oleh tim penilai internal (TPI) Mabes Polri terhadap satker atau satwil yang telah diusulkan oleh Polda Kaltara,” ucapnya.

Pekerjaan rumah terbesar untuk mewujudkan WBK di Polres Bulungan, Teguh menuturkan pertama adalah SDM. Lalu perubahan pola pikir dan pola budaya yang biasanya antagonis akan dirubah menjadi protagonis khususnya pengawasan.

“Program prioritas Kapolri salah satunya adalah pengawasan, oleh karena itu kita akan awasi termasuk melibatkan eksternal jika ada laporkan karena kita mau baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Bambang Kristiyono merasa bangga karena Polres Bulungan mendapatkan piagam penghargaan dari Menpan RB sebagai polres dengan pelayanan prima. “Polres Bulungan ini mendapatkan predikat terbaik dari seluruh Indonesia, kita patut berbangga,” ucap Kapolda.

Dirinya pun meminta kepada seluruh jajaran Polres di Kaltara untuk belajar dan meniru apa yang sudah dilakukan Polres Bulungan. Dengan inovasi maka menjadi suatu kebanggaan. “Jadi jangan malu, belajar dan tiru supaya bisa, syukur juga kalau punya inovasi,” jelasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *