Dies Natalis Ke-71, GMKI Tarakan Pastikan Mengawal Persatuan di Bumi Paguntaka

TARAKAN – Sebagai upaya mensyukuri pertambahan usia Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Ke-71, GMKI Cabang Tarakan turut mengadakan serangkaian kegiatan yang selaras dengan arah perjuangannya.

Organisasi bentukan Pahlawan Nasional, Johannes Leimena ini berdiri pada 09 Februari 1950 dan telah melahirkan kader-kader yang berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Serangkaian kegiatan yang dilakukan ialah mulai dari Desinfeksi Tangkal Covid-19 di Gereja-Gereja, Talk Show Kebhinekaan yang melibatkan 6 pemuka agama dan terakhir puncak perayaan dalam bentuk Ibadah Dies Natalis Ke-71 GMKI, yang dipastikan rangkaian tersebut mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Curi Motor untuk Biaya Pulang Kampung, MR Diciduk Polisi  

Dalam Talk Show Kebhinekaan yang bertemakan “Merawat Toleransi di Bumi Paguntaka,” Ketua GMKI Cabang Tarakan, William Rizky Tonapa melalui Ketua Bidang Organisasi dan Komunikasi mengatakan pihaknya akan ikut serta menciptakan keharmonisan ditengah keberagaman Kota yang dipimpin oleh dr. Khairul, M.Kes.

“Talk show yang disertai dengan berbagai pemikiran tokoh-tokoh pemuka agama yang menjadi narasumber semoga dapat menjadi sebuah rujukan positif yang nantinya akan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat”, ungkap Rudi Cristian Nadapdap kepada Benuanta.co.id.

Kata Rudi, GMKI konsisten mengupayakan terbentuk dan terjalinnya kehidupan yang harmonis dan saling menghargai ditengah pluralisme yang ada di bumi paguntaka.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Kegiatan yang terlaksana pada Sabtu, (13/02/2021) di Aula Kodim 0907 turut menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Tarakan yang mewakili Pemerintah dan 6 tokoh agama.

1). Perwakilan Kesbangpol Kota Tarakan, Bapak Sujay, SH, MH
2). Ketua PCNU Tarakan, Drs. H. Abdul Samad, Lc.M.Pd
3). Perwakilan Konghucu Tarakan, Effendy Gunardi SE
4). Perwakilan Kristen Tarakan, Pdt.Dr. Yance Pomantow, S.Th
5). Perwakilan Katolik Tarakan, Antonius Andri Atmaka, OMI
6). Perwakilan FKUB Hindu Kota Tarakan, I. Nyoman Simpen
7). Perwakilan FKUB Budha Kota Tarakan, Bambang Budiman.

Terlihat di lokasi acara purna Ketua GMKI Tarakan Masa Bakti 2018-2020, Kristianto Triwibowo juga hadir bersama kader-kader GMKI hingga pukul 22.00 Wita.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

Arung Sapta, selaku Ketua Panitia Dies Natalis menjelaskan motivasinya mengadakan kegiatan tersebut.

“Ini pertama kalinya GMKI Tarakan mengadakan Talk Show yang menghadirkan semua tokoh agama. Puji Tuhan kegiatan boleh berjalan dengan lancar, tentram, dan tetap taat pada protokol kesehatan”, jelasnya pada Sabtu, (13/02/2021).

Pria yang berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan tersebut berharap toleransi antar umat beragama khususnya di kota Tarakan terjalankan dengan semangat Pancasila.(*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *