Listrik Sempat Padam Berkali-kali di Tarakan, Ini Penjelasan PLN

TARAKAN – Mulai hari Sabtu (13/2/2021) terjadi pemadaman listrik lebih dari satu kali di Tarakan, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kaltara menyebutkan terdapat gangguan Kubikel yang menyebabkan Trip Penyulang Tarakan 03 dan Penyulang Tarakan 01.

“Pada Kamis, 13 Februari 2021 pukul 16.38  WITA terjadi trip Penyulang Tarakan 03, dan Penyulang Tarakan 01.Trip kemudian diikuti oleh Tarakan 02, Tarakan 04 dan Tarakan 05. Setelah dilakukan pengecekan dan penelusuran diketemukan pada Kubikel Mesin Sewa yaitu CT Pecah,” ujar Manager PT. PLN UP3 Tarakan, Suparje Wardiyono.

Suparje menjelaskan, untuk Tarakan 01 segera dapat dinormalkan kembali pada pukul 16.54 WITA, sedangkan Tarakan 02 pada pukul 17.01 WITA, dan yang sempat terdampak sudah menyala bertahap mulai pukul 16.54 WITA.

Selain itu, untuk Tarakan 03 dan 04 setelah dilakukan perunutan gangguan dan pengecekan di lokasi dapat dinyalakan kembali pada pukul 17.02 WITA, sedangkan Tarakan 05 normal pada pukul 17.01 WITA.

Baca Juga :  Buka Bersama, Pj. Wali Kota dan Gubernur Bagikan Bantuan Beras ke Petugas Kebersihan

Untuk diketahui, daerah yang mengalami padam yaitu :
– Diponegoro, Selumit, Yos Sudarso, Jalan Kusuma Bangsa, Lingkas
– Sudirman, Akibalak, Akibabu, Aji Iskandar, Juata Laut,
– Kp. Empat, Kp Enam, Binalatung, Amal, Mamburungan
– Agus Salim, Karang Rejo, Karang Balik, Jl. Gajahmada, Cendrawasih dan Jl. Mulawarman.

Setelah diamankan lokasi dan jaringan dilakukan pengecekan secara bertahap normal kembali sampai dengan ujung pada pukul 17.15 WITA.
Kemudian pada pukul 19.06 WITA saat dilakukan Energize Tarakan 09 terjadi UFR dan segera dilakukan penormalan kembali. Untuk jalur Tarakan 09 dioffkan sementara, untuk dilakukan perbaikan pada Jumat 14 Februari 2021.

Baca Juga :  Ini Saran Ombudsman Koreksi Layanan Mudik di Pelabuhan Malundung Tarakan

“Kami memohon maaf dan maklum atas ketidaknyamanan tersebut, dalam upaya kami meningkatkan kehandalan jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah SUTM 20 kV,” tutupnya.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *