Sebagian Masyarakat Nunukan Masih BAB di Sungai

NUNUKAN – Perilaku buang air besar (BAB) sembarangan, ternyata masih dijumpai di Kabupaten Nunukan. Perilaku ini tentu berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

Kabupaten Nunukan memiliki 21 Kecamatan dan saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mencatat masyarakat Open Defecation Free (ODF) Buang Air Besar Sembarangan lebih banyak di perkotaan salah satunya di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

Kabid kesehatan Masyarakat Dinas kesehatan kabupaten Nunukan, Sabaruddin, SKM. M.Kes mengatakan, justru berstatus bebas ODF itu ada di wilayah 3 seperti Krayan. Kenapa wilayah perkotaan ODF nya lebih banyak itu dikarenakan banyaknya warga yang bermukim di wilayah pesisir.

Baca Juga :  Interkoneksi Enam Unit Mesin Pembangkit Baru, PLN Nunukan Lakukan Pemadaman Listrik Bergilir

“Melihat hal itu, kami masih mencari solusi, teknologi tepat guna agar bisa digunakan, agar masyarakat kita yang ada pesisir itu tidak ada lagi yang buang air langsung ke laut,” kata Sabaruddin, Rabu (10/2/2021).

Selain itu dia berharap untuk kesadaran masyarakat agar tidak membuang air besar sembarangan. Jika nantinya dibangun tempat buang air besar secara teknologi harus dijaga dan dirawat agar bisa tahan lama digunakan, kerena dataran laut dan darat sangat lah beda.(*)

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *