oleh

Pers Pemersatu Bangsa

Oleh: Surya Yuniza

(Ketua DPW Partai Gelora Kaltara)

 

HARI Pers Nasional yang dirayakan setiap 9 Februari pada tahun 2021 ini mengangkat tema Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan.

Diangkatnya tema perayaan HPN kali ini tentu mengangkat suasana kebatinan yang dirasakan bangsa kita sekarang ini. Bukan hanya negara kita namun juga di dunia merasakan ujian besar wabah covid yang tak kunjung berakhir.

Sangat berbeda dibanding momen perayaan sebelumnya, HPN tahun ini dipusatkan di ibukota Jakarta. Simbol dari pusat pemerintahan. Harapannya bencana besar semacam pandemi covid bisa selesai dimulai dari jantung ibukota.

Ketika ibukota Jakarta mampu menyelesaikan penyebaran bahkan mampu menekan tingkat kematian akibat covid, bukan tidak mungkin geliat ekonomi akan tumbuh dan memulihkan kondisi ekonomi nasional.

Baca Juga :  Korupsi, Mala In Se dan Marwah KPK

Lalu di mana peran pers?

Pers sebagai pena informasi bangsa mesti menjaga semangat persatuan bangsa. Ketika ada pihak yang mencoba mengadu domba maka pers lah seharusnya yang menjadi jembatan.

Jika dahulu kala aktivitas pers sejalan dengan aktivitas perjuangan politik kemerdekaan, kini pers harus mampu menjadi wadah pencerahan. Bukan sekedar berorientasi pada rating dan sensasi entertain.

Pers kini mesti menjadi kompas baru arah negara Indonesia. Harus menjadi arus perubahan berfikir dan bertindak. Sebab apa yang dibicarakan khalayak bersumber apa yang dituliskan media.

Pena adalah pedang, sedangkan pers adalah perisainya. Selamat hari pers nasional, semoga akselerator perubahan berawal dari pers hari ini.(*)

Baca Juga :  Ulang Tahun Kaltara Perlu Dikaji Ulang untuk Diluruskan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed