Wali Kota Tarakan Berharap Akuntabilitas Perumda Lebih Meningkat

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul M.Kes mengarahkan untuk meningkatkan akuntabilitas di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Tarakan. Hal ini agar BUMD Tarakan mendapatkan respons yang baik dari masyarakat dan meningkatkan produktifitas perusahan daerah.

Hal ini disampaikan pada saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Review Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Laporan Keuangan bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang digelar di Ruang Imbaya Kantor Wali Kota Tarakan, Selasa (09/02/2021).

“Peserta Bimtek untuk benar-benar memperhatikan kualitas perencanaan dan pelaporan keuangan, sebab apa yang dikerjakan masuk di neraca APBD,” ujar dr. Khairul kepada awak media.

dr. Khairul berharap agar ke Perumda dapat meminimalisir temuan pada Pelaporan Keuangan hingga ke nol temuan. Perumda dituntut harus mampu bergerak dalam kerangka bisnis, tapi apa yang dikerjakan tetap harus dapat dipertanggungjawabkan dalam sistem yang ada dan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :  Ini Saran Ombudsman Koreksi Layanan Mudik di Pelabuhan Malundung Tarakan

“Mudah-mudahan melalui Bimtek yang dilaksanakan ini ada satu bahasa dalam pengelolaan keuangan BUMD, yang notabene adalah uang milik negara,” terangnya.

Tak lupa, Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltara dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Kaltara yang telah menginisiasi sehingga Bimtek ini dapat terlaksana selama 3 hari ke depan mulai dari tanggal 9 hingga 11 Februari 2021 di Ruang Imbaya Kantor Walikota Tarakan.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Terakhir, kegiatan ini sendiri dihadiri oleh unsur IAI Wilayah Kaltara dan Perwakilan BPKP Kaltara sebagai pemateri dan panitia, serta jajaran Perusahaan Umum Daerah Kota Tarakan sebagai peserta.(*)

 

Reporter : Reza Munandar

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *