HPN 2021, Bupati Nunukan Ajak Memerangi Hoaks

NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE,MM, mengajak memerangi hoaks atau berita bohong di era media sosial. Karena semakin mudah dibuat olah orang orang yang kurang bertanggung jawab. Pers punya peranan besar dalam menyampaikan hal yang benar serta turut mendinginkan suasana di tengah terjadinya krisis. Hal itu diungkapkan bertepatan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN 2021) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari yang kali ini mengangkat tema regulasi negara dalam menjaga keberlangsungan media mainstream di era disrupsi medsos.

Dalam pelaksanaan HPN 2021 di Kabupaten Nunukan dilakukan secara virtual yang di ikuti 28 wartawan yang ada di Nunukan melalui meeting zoom, dari kantor Bupati Nunukan lantai 4 ruang VIP, Selasa (9/2/2021).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1999 votes

Bupati Laura, mengatakan selaku pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan selamat memperingati hari pers nasional tahun 2021, dalam peringatan ini peran pers dapat semakin dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera adalah tujuan utama pemerintah daerah kabupaten Nunukan. Namun ini bukanlah hal yang mudah dan perlu adanya peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. demikian juga dengan pers sebagai salah satu unsur dalam lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Bawa Penumpang Dua Long Boat Tabrakan di Laut Sebatik 

“Pers sejak awal hingga saat ini telah membuktikan perannya di tengah tengah masyarakat sebagai kontrol sosial yang cukup efektif dan peka terhadap fenomena sosial kemasyarakatan. Bukan hanya menjadi kontrol sosial, namun juga mampu menjadi media pemersatu bangsa dan menyumbangkan perannya dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara kesatuan republik indonesia, khusunya Di kabupaten Nunukan Wilayah Perbatasan,” Kata Bupati Laura.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

Lebih lanjut Laura katakan, di tengah kemajuan teknologi yang semakin deras ini, pers juga turut berkembang pesat seiring pertumbuhan teknologi. Tantangan bagi pers saat ini juga semakin beragam dan kompleks bila dibandingkan di masa lalu. Di era media sosial ini, salah satunya yang menjadi tantangan tersendiri adalah mampukah pers tetap berdiri sebagai media yang mengedepankan kaidah kaidah jurnalistiknya dalam menjalankan perannya.

“Hal ini sangat penting karena ini adalah rambu bagi kita semua dalam menjalankan tugas dan rasanya ini seharusnya tetap menjadi parameter utama dalam mengukur kualitas karya jurnalistik,” jelasnya.

Baca Juga :  ASN Nunukan Diimbau Tidak Menambah Libur Lebaran

Pemerintah daerah sendiri hingga saat ini menganggap penting menjalin kemitraan dengan insan pers untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang hasil hasil pembangunan. Bupati Laura, mengajak awak media yang ada di Nunukan untuk bersama – sama pemerintah mengawal berbagai program pembangunan yang dilaksanakan, menjadi mata dan telinga pemerintah untuk dapat bersama sama mengawasi berbagai program dan pembangunan yang sedang dilaksanakan.

“Saya juga mengajak kita semua untuk bersama sama memerangi hoaks/berita bohong yang di era media sosial ini semakin mudah dibuat olah orang orang yang kurang bertanggung jawab. pers punya peranan besar dalam menyampaikan hal yang benar serta turut mendinginkan suasana di tengah terjadinya krisis,” imbuhnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *