Melanggar Prokes, Warga Diberi Sanksi Push Up, Hingga Baca Teks Pancasila

TANA TIDUNG – Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Tana Tidung (KTT), terjaring puluhan warga yang tidak menggunakan masker, Senin, 08 Februari 2021.

Tim melaksanakan kegiatan pada pukul 08.30 Wita dengan diawali apel persiapan dan penyampaian mekanisme kegiatan yang dipimpin Pasi Intel Kodim 0914/TNT Kapten Inf. Yoyok Dwi S, dan dihadiri Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KTT, yang terdiri dari TNI, Polri, BPBP, Dishub, Satpol PP, Dinkes dan Diskominfo.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes
MASKER: Petugas juga membagikan masker untuk warga.

Pasi Intel Kodim 0914/TNT Kapten Inf Yoyok Dwi S menjelaskan, kegiatan kali ini dilaksanakan di Simpang Alun-Alun Stadion Mini Tideng Pale di Jalan Jenderal Sudirman. “Setiap pelanggar prokes akan diberi sanksi berupa Push Up, membacakan teks Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta dilakukan pembinaan. Hal ini dilakukan untuk memberi efek jera agar tidak mengulangi lagi pelanggaran serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker pada saat berada di luar rumah,” terangnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat KTT untuk selalu disiplin dalam penerapan Prokes, baik dalam lingkungan maupun saat berada di luar rumah, mengingat adanya lonjakan kasus penyebaran Covid-19 di KTT.

PERSIAPAN: Sebelum patroli, lebih dulu dilakukan apel persiapan di halaman Masjid At Taqwa.

“Harapan kita bersama agar masyarakat lebih waspada dan selalu menerapkan Prokes. Lindungi diri, jaga sesama untuk mempercepat pemutusan mata rantai Penyebaran wabah Covid-19. Disiplin penerapan protokol kesehatan adalah yang utama dalam pencegahan penyebaran covid-19, dengan menerapkan prokes niscaya Covid-19 akan cepat kita atasi dan perekonimian bisa pulih kembali,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut tim gabungan juga membagikan masker sebanyak 1000 pcs dan menyosialisasikan penerapan 5 M kepada masyarakat. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.(*)

 

Reporter: Dwi Widdyaswiranata

Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *