oleh

Pelantikan Bupati Bulungan dan Tana Tidung Menunggu Surat Kemendagri, Dijadwalkan 17 Februari

TANJUNG SELOR – Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara), dijadwalkan pada 17 Februari 2021 mendatang.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan saat dikonfirmasi menjelaskan. Jadwal pelantikan dua kepala daerah (Bulungan dan KTT) itu sesuai masa pengabdian kepala daerah sebelumnya yang dilantik pada Februari 2016 lalu.

“Surat usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah Bulungan dan KTT sudah diterima Dirjen Otda Kemendagri dan pelantikannya dijadwalkan 17 Februari. Sementara Malinau dan Nunukan disesuaikan dengan masa jabatannya yakni bulan April (Malinau) dan Juni (Nunukan),” jelasnya, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga :  Vaksin Sinovac Tiba di Bulungan Dikawal Personel Polda Kaltara

Selain itu, lanjutnya, pemprov bersama ketua DPRD Kaltara telah menyerahkan Surat usulan pemberhentian dan pengangkatan Gubernur Kaltara hasil Pilkada 2020 kepada Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Akmal Malik di Jakarta, Senin (1/2/2021).

Rencananya gubernur dan wakil gubernur Kaltara terpilih (Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP) dilantik bersama gubernur dan Wakil gubernur terpilih Sulawesi Utara pada 12 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Baca Juga :  Bertambah dari Tarakan, Positif Covid-19 di Kaltara Capai 176 Orang

“Jadwal Pelantikan ini sesuai ketentuan PKPU, terkait pelantikan bupati dan wakil bupati oleh Gubernur secara langsung atau melalui sistem virtual pada 17 Februari. Kepastiannya masih menunggu surat Edaran dari Kemendagri tentang tata cara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati. Rencananya kita akan gelar rapat pada 5 Februari untuk membahas persiapan pelantikannya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jemaah Salat Iduladha Masjid Agung Istiqomah Capai 5 Ribu Orang, Terapkan Protokol Kesehatan

Untuk diketahui, pada pemilihan kepala daerah Bulungan, KPU Bulungan telah menetapkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 (satu) Syarwani-Ingkong Ala sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam perhelatan Pilkada serentak 9 Desember 2020 dengan perolehan 29.386 suara. Kemudian, Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung nomor urut 1, Ibrahim Ali-Hendrik dengan perolehan 6.851 suara.(*)

Reporter: Victor
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed