oleh

Catat ! Kawasan Kompleks Kantor Walikota Dilarang Merokok

TARAKAN – Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., mempertegas kembali penetapan Kompleks Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) sebagai Kawasan Dilarang Merokok melalui Surat Edaran (SE) Nomor : 003.1/63.1/0RG yang dikeluarkan pertanggal 25 Januari 2021.

Adanya larangan penetapan kawasan dilarang merokok di Pemkot ini juga menambah sejumlah tempat yang sebelumnya lebih dulu dipertegas untuk diterapkan. Misalnya, sarana kesehatan, tempat kerja dan tempat yang secara spesifik sebagai proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah, tempat angkutan umum pun dinyatakan sebagai kawasan dilarang merokok.

Landasan pelarangan ini diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2011 Tentang Kesehatan Lingkungan, ditambah Peraturan Walikota (Perwali) nomor 34 tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Baca Juga :  Pendidikan Penyerap APBD Tarakan Terbesar

“Upaya ini selain menegaskan kembali, juga sebagai upaya perlindungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat dari bahaya asap rokok,” ujar Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes kepada benuanta.co.id, Selasa (2/2/2021).

Jika ada yang melanggar, dalam SE itu juga mengutarakan bagi setiap yang melaporkan adanya pelanggaran itu disertai bukti berupa foto atau video, Pemkot Tarakan akan langsung mengapresiasi pelapor atas kepedulian terhadap kesehatan lingkungan kerja ditambah hak-haknya pelapor akan dilindungi dari melaporkan pelanggaran itu. Sedangkan yang melanggar, tanpa terkecuali akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga :  Pendidikan Penyerap APBD Tarakan Terbesar

“Melalui edaran ini diharapkan kompleks Kantor Walikota dapat menjadi contoh penerapan kawasan dilarang merokok di ruang publik,” tandasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *