Pemdes Malinau Seberang Pertama Sampaikan LKPPDes TA 2020 di Kecamatan Malinau Utara

Malinau – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Malinau Seberang menggelar Rapat Paripurna Tahap VI dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPDes) Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Balai Desa Malinau Seberang.

Melalui penyampaian LKPPDes ini Kepala Desa Malinau Seberang Syamsul Bahri mengharapkan masyarakat melalui BPD Malinau Seberang dapat mengetahui dan memahami berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah desa sepanjang tahun 2020. Dalam rangka mewujudkan visi Desa Malinau Seberang yaitu terwujudnya tata kelola pemerintah desa yang baik, bersih dan berwibawa guna membangun masyarakat desa yang adil, makmur, damai, sejahtera melalui Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

Pada tahun 2020, kata Syamsul, Pemerintah Desa Malinau Seberang mendapatkan Anggaran Pendapatan Dana Belanja Desa (APBDes) sebesar 4,9 miliar yang terdiri dari transfer Dana Gerdema, Dana Desa dan Dana RT Bersih.

Adapun realisasi penggunaan dana anggaran terdiri dari penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan bencana, darurat dan kegiatan mendesak yang meliputi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan belanja tak terduga untuk penanggulangan Covid-19.

“Kami juga melaporkan bahwa kegiatan Dana Desa pada tahun 2020 terdapat silva sebesar Rp. 19.200. Kemudian kegiatan RT Bersih di tahun 2020 juga terdapat silva sebesar Rp. 38.768.100. Ini merupakan silva dari beberapa kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Dan laporan silva tersebut telah kami cantumkan pada Laporan Realisasi Tahun Anggaran 2020,” jelasnya.

Seluruh capaian kinerja yang telah dilaporkan ini kata Syamsul, merupakan hasil kerja kolektif antara Pemerintah Desa dan BPD Malinau Seberang sesuai dengan norma yang telah disepakati dan dijalani bersama sebagaimana tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Sementara itu, Camat Malinau Utara melalui Plt. Sekretarisnya Ujud Primandiyadi, SE, M.Si mengapresiasi kinerja seluruh aparat desa dan BPD yang telah menyelesaikan laporannya pada hari ini.

“Di Kecamatan Malinau Utara sendiri, Desa Malinau Seberang merupakan yang pertama menyelenggarakan laporannya untuk tahun ini,” ujarnya

“Saran kami ini bisa menjadi motivasi, pembelajaran dan evaluasi kita untuk tahun depan,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *