oleh

Bentuk Tiga Cabang, Ini 3 Fokus Utama Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon

TARAKAN – Baru terbentuk pada 23 Januari 2021 pekan lalu, Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Provinsi Kaltara sudah bergerak melakukan bakti sosial. Yakni memberikan bantuan sembako kepada korban banjir di Kalimantan Selatan dan Sembakung di Nunukan, Provinsi Kaltara. Di antaranya Berupa beras 400 kilogram (Kg), indomie 40 kotak dan gula 40 kg, yang berasal dari donasi yang dibuka oleh yayasan ini.

Tak hanya itu, dalam perjalanan menyalurkan sembako ke Sembakung sepekan lalu, Yayasan ini juga berkembang dengan terbentuknya tiga cabang. Yakni Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang diketuai Datu Khairul, Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Malinau yang diketuai H. Indra Bangsawan, dan Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Nunukan Wilayah 3 yang diketuai Alex ST.

Baca Juga: Yayasan Forum Komunikasi Ane’ Blungon Berikan Bantuan Korban Banjir Kalsel dan Sembakung

Disampaikan Ketua Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Provinsi Kaltara, Dr. Datu Iman Suramenggala, S.Hut. M.Sc, yayasan ini bergerak pada 3 fokus utama yang ingin dibangun kedepan. Di antaranya bidang pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi, khususnya bagi warga keturunan suku Bulungan.

Baca Juga :  Usai Pembangunan Turap, DKP Kaltara Pastikan Nelayan Masih Bisa Parkir Perahu di Perikanan

“Langkah pertama yang ingin dilakukan kedepan adalah untuk melihat seberapa banyak warga Bulungan yang ada di Kaltara saat ini, sehingga akan dilakukan pendataan. Kita sudah mempersiapkan form pendataannya dan dalam waktu dekat kita akan memanggil utusan cabang-cabang untuk dilakukan pelatihan pendataan yang insyaAllah pelaksanaan di ibu kota Kaltara,” terangnya.

Selain itu, lanjut Datu Iman, langkah berikutnya dalam waktu dekat kembali akan membentuk 3 cabang lagi. Di antaranya Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Bulungan, Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Kota Tarakan dan Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Cabang Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Lantik Kepengurusan MUI Bulungan, Ini Pesan Ketua MUI Kaltara 

“Saat ini memang semangat dari pada warga kita yang ada di daerah sangat merindukan kebersamaan, sangat merindukan kekompakan bersama-sama anak-anak Bulungan yang selama ini memang hampir terputus komunikasi antara kami, terumtama pemuda-pemuda Bulungan,” jelasnya.

Ditambahkan Wakil Ketua Umum Yayasan Forum Komunikasi Ane Belungon Provinsi Kaltara, Armansyah S.Pi, M.Si, yayasan ini akan terus berbenah, saling memperhatikan sesama warga, terutama di bidang pendidikan. Agar generasi anak-anak Bulungan kedepan mempunyai pendidikan yang baik, mempunyai kesehatan yang baik, dan juga mempunyai ekonomi yang baik. “Itulah beberapa target yang insyaAllah dari yayasan ini akan kita bangun,” tutur Arman-sapaannya.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Malam Minggu akan Terjadi Hujan Lebat

Sementara itu, untuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yayasan ini saat sudah berproses di notaris. “Mohon doanya agar organisasi ini berjalan sesuai dengan roh tujuan utamanya untuk memperhatiakan anak-anak Bulungan, khususnya pendidikan. Mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, S1, S2, hingga S3 di manapun berapa. Kita akan lihat apa yang menjadi kekurangan dan kebutuhan mereka di bidang pendidikan, mudah-mudahan dengan adanya yasasan ini sedikit banyaknya kita bisa berbuat,” harapnya.(*)

 

Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed