Bersama Dengan Puluhan Pelaku UMKM, Pemkab Malinau Ikuti Penandatangan Kerjasama Kemitraan PMA/PMDN

MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama dengan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja beserta para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Malinau mengikuti acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan PMA/PMDN dengan UMKM secara nasional yang dilaksanakan melalui virtual.

Untuk Kabupaten Malinau sendiri dilaksanakan di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau. Penandatangan ini juga disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara virtual. Disini Presiden RI dalam sambutannya menegaskan kepada para pengusaha baik asing maupun lokal agar selalu melibatkan para UMKM dimanapun berada.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1984 votes

Dalam kegiatan itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tirusel Samuel Tipa Padan, SE, M.Si, juga memberikan arahan kepada puluhan pelaku UMKM yang hadir, dimana ia mengharapkan peran para pengusaha agar dapat terus mendorong kemajuan para pelaku UMKM di Malinau, seperti yang sudah terjadi saat ini.

“Jadi kepada para pengusaha diminta untuk melibatkan para pelaku usaha kecil yang ada, khususnya di Malinau seperti UMKM Kuliner di Pro Sehat dan di pasar, kemudian UMKM kerajinan tangan, ukiran, rotan, batik. Ini yg dimaksud Presiden, jadi usaha ini harus dihidupkan agar ekonomi Malinau bangkit, otomatis ekonomi Indonesia juga bangkit,” ujar pria yang akrab disapa Samuel.

Lebih dari itu Samuel juga menuntut para pelaku UMKM agar dapat mengikuti perkembangan zaman dalam menjalankan usahanya agar tidak ketinggalan zaman, seperti memanfaatkan media sosial dalam mencari pasar.

“Kita juga harus bisa mengikuti trend, mengingat kemajuan teknologi yang semakin canggih. Contohnya seperti pertemuan dengan Presiden ini secara virtual. Ini merupakan momen yang sangat membanggakan,” ucapnya.

Karena itu untuk lebih memudahkan komunikasi antara pemerintah daerah dengan para pelaku UMKM, akan dibentuk kelompok atau organisasi untuk para pelaku UMKM ini.

“Hal ini bisa lebih memudahkan komunikasi antar kita dengan pemerintah. Jadi mari kita bersinergi, bekerjasama untuk membangun Malinau,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Elisa, SE, M.Si juga mengungkapkan hal yang sama seperti yang disampaikan oleh Presiden, dimana pengusaha harus melibatkan pelaku UMKM.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *