oleh

Peran Pramuka di Era Pandemi

Oleh :
Yasiin Syawal Akbar R
SMK Negeri 3 Tarakan
Gudep Otto Iskandar Dinata & Cut Nyak Dhien

PRAMUKA indentik dengan seragam berwarna coklat dan lambang tunas kelapa, dan ketika orang menyebutkan kata Pramuka maka yang terpikir oleh kita adalah hal tersebut di atas. Namun apa sebenarnya Pramuka itu, mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa Pramuka hanyalah kemah, tali-temali dan sejenisnya.

Apa itu Pramuka ?

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX pada tahun 14 Agustus 1961 di Indonesia dan  pramuka sudah mencapai usia 59 tahun. Gerakan ini telah banyak melahirkan remaja yang tangguh dan rasa patriot yang sangat tinggi.

Gerakan pramuka telah banyak diajarkan dalam bentuk ekstrakulikuler yang terdapat di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas/sederajat maupun lingkungan masyarakat. Hadirnya pramuka di sekitar lingkungan dapat mempengaruhi anak Indonesia agar memiliki mental yang tangguh dan rasa cinta tanah air sejak dini.

Semakin berjalannya waktu pramuka juga harus mengikuti zaman, seperti zaman sekarang atau bisa disebut dengan zaman Milenial. Dengan menghadirkan kegiatan yang menumbuhkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, remaja Indonesia harus di ajarkan sejak dini tanggung jawab dan rasa cinta tanah air tersebut. Agar mereka memiliki jiwa patriot terhadap tanah air dan memiliki mental yang kuat dan  tangguh untuk menghadapi rintangan yang akan mendatang.

Baca Juga :  Selamat Bekerja Sosok Baru Pemimpin Kaltara

Gerakan pramuka mengajarkan kepada kita kesolidaritasan, kebersamaan, dan kepercayaan kita terhadap teman. Kegiatan ini agar menumbuhkan jiwa tolong menolong sesama mahluk ciptaan Tuhan dan rasa saling percaya dan menyayangi antara satu sama lain.

Gerakan pramuka juga mengajarkan kita untuk mencintai alam dengan menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan. Contohnya saat melakukan kegiatan kemah atau kemping kita tidak boleh merusak atau mengotori hutan atau lahan. Gerakan pramuka tentu juga mengajarkan agar kita menjadi remaja yang rajin, terampil, dan kreatif dalam menciptakan atau mempelajari sesuatu hal yang baru.

Contohnya, dalam kegiatan kita disuruh membuat pionering, jadi kita harus mempelajari cara pembuatan nya dengan melihat petunjuk  ataupun melihat refrensi yang ada di Internet maupun buku dengan teliti agar mendapatkan hasil yang baik dan benar. Tidak lupa pula pramuka juga mengajarkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Dengan mengingatkan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing. Gerakan pramuka juga mengajarkan kita untuk disiplin berani dan setia, agar kita dapat menanamkan sifat tersebut dan membiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Dirgahayu KNPI Ke-47

Pramuka juga membantu kita dapat berfikir untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang diberikan dengan cara musyawarah atau berdiskusi antar teman maupun secara kelompok. Dengan cara ini kita dapat belajar  berani untuk mengemukakan dan mengutarakan pendapat kita.

Pramuka di era pandemi?

Pada masa sekarang sedang terjadi pandemi covid-19 yang memaksa kita untuk berhenti aktivitas diluar sejenak dikarenakan adanya sistem baru dari pemerintah yaitu PSBB, yang mewajibkan kita untuk tidak melakukan pertemuan maupun kegiatan pada masa pandemi sekarang ini. Pramuka juga terdampak oleh pandemi yang saat ini terjadi di Indonesia maupun dunia. Tetapi pemerintah telah melonggarkan sedikit peraturan PSBB agar ekonomi berjalan lancar dan kegiatan-kegiatan atau pertemuan dapat terjadi walaupun harus mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga :  GELIAT EKONOMI ANNIVERSARY KOTA TARAKAN

Kegiatan pramuka yang telah direncanakan pada tahun ini harus tertunda karena pandemi covid-19, tetapi itu bukanlah alasan untuk pramuka tidak membuat kegiatan, agar menjaga kesolidaritasan dan kebersamaan antar teman atau gudep-gudep pramuka. Maka Pramuka dapat mengikuti kegiatan melalui virtual atau online.

Pramuka juga dapat membantu pemerintah dalam mengarahkan masyarakat untuk melakukan suatu kegiatan atau pertemuan dengan menjalankan protokol kesehatan yang sesuai dengan Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan atau dikenal dengan 3M. Pramuka dapat mengambil bagian sebagai contoh atau teladan bagi kaum milenial dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Demikian teman-teman ulasan pramuka dari saya jangan lupa tetap simak dan nantikan kehadiran kami di sekitar kalian. Jangan lupa juga teman-teman ayo gabung  pramuka agar kita dapat memiliki banyak teman dan belajar disiplin, mental yang tangguh, bertanggung jawab, tolong menolong, dan cinta tanah air. Salam Pramuka.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed