Karantina Khusus Covid-19 Hampir Penuh, Calon Penghuni Akan Diseleksi

TANJUNG SELOR – Penyebaran virus Corona (covid-19) di wilayah Kabupaten Bulungan terus meluas. Terbukti di 10 kecamatan beberapa warga terkonfirmasi telah terpapar virus mematikan itu.

Berdasarkan data sebaran Covid-19 pada Sabtu (16/1/2021) pukul 16.00 Wita, terdapat tambahan 18 pasien postif, 26 sembuh dan 1 meninggal dunia. Total terkonfirmasi 1.328 orang, 1.012 orang dinyatakan sebuh dan 22 orang meninggal dunia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan, Imam Sujono mengatakan, saat ini fasilitas karantina khusus di gedung Diklat milik Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), yang memiliki 80 tempat tidur itu hampir penuh atau over kapasitas, meski fasilitas karantina di RSUD Tanjung Selor telah dimaksimalkan.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

“Karantina di Badiklat sudah hampir penuh, saat ini kita lakukan assessment atau menyeleksi pasien yang akan menempati fasilitas karantina khusus itu,” ungkapnya, Sabtu (17/1/2021).

Dijelaskannya, akibat karantina khusus yang mulai penuh itu pihaknya akan berlakukan isolasi mandiri kepada pasien orang tanpa gejala (OTG).

“Tapi kita seleksi dulu melalui proses assessment, jika rumah itu dihuni oleh banyak orang, maka kita rekomendasikan untuk tinggal di karantina khusus. jika sebaliknya penghuni rumah sedikit dengan jumlah kamar memadai itu bisa dilakukan karantina mandiri,” jelas Kadinkes.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

Meski isolasi mandiri dilakukan, lanjutnya, ia akan pastikan tim medis akan lakukan pengawasan ketat.

“Sudah ada tim pengawasan yang disiapkan untuk lakukan assessment ataupun survei bagi pasien yang akan melakukan karantina mandiri maupun khusus,” jelasnya.

Ia menambahkan, ruang isolasi di RSUD Tanjung Selor, telah tersedia sekitar 40 kamar yang siap digunakan untuk penanganan pasien Covid-19. “Kondisi ini akan terus kita berikan perhatian khusus,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Reporter: Victor
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *