oleh

10 Bulan Bertahan, Kasus Positif Covid-19 di Malinau Meninggal Dunia 1 Orang

MALINAU – 10 bulan menjadi daerah dengan nol catatan kematian akibat covid19, rekor kabupaten Malinau akhirnya pecah juga. Hal itu usai ditemukan adanya pasien terkonfirmasi covid19 yang meninggal dunia di Malinau.

Saat diwawancara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau Dr. John Felix Rundupadang pun mengakui kalau saat ini Malinau telah memiliki catatan kematian akibat covid19.

“Memang benar, beberapa waktu yang lalu pasien covid19 kita ada yang meninggal dan ini merupakan kejadian pertama di Malinau,” kata John.

Meski enggan menyebutkan nama, namun John menjelaskan kalau pasien yang meninggal akibat covid19 itu, juga memiliki riwayat penyakit lain yang memungkinkan pasien itu lebih mudah terserang covid19. Pasalnya usai dinyatakan positif covid19, kurang dari 24 jam dirawat pasien itu meninggal dunia, tanpa sempat diberikan perawatan yang lebih.

“Bagi kita yang sehat saja covid19 bisa menjadi virus yang mematikan. Apalagi, untuk orang yang memiliki penyakit bawaan, karena banyak kematian pasien covid19 di Indonesia merupakan pasien yang memiliki penyakit bawaan,” jelasnya lagi.

“Sedangkan untuk pasien kita yang meninggal, itu sempat kita rawat. Namun hanya sehari sebelum dinyatakan meninggal dunia,” ungkapnya.

Melihat kejadian ini, John pun berpesan kepada masyarakat untuk selalu taat dengan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, tidak hanya untuk terhindar dari covid19 saja. Tetapi juga agar terhindar dari penyakit lainnya.

“Tidak ada ruginya dengan penerapan hidup seperti itu, selain terhindar dari covid19. Kita pun bisa sehat dari penyakit bawaan lainnya,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed