PMI Nunukan Turun Datangi Pendonor Darah Usai Ibadah Jumat Kaum Muslimin

NUNUKAN – Selama pandemi Covid-19 jumlah pendonor darah di Nunukan mengalami penurunan. Tentu hal itu mempengaruhi jumlah stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) di Nunukan.

Menyikapinya hal ini, PMI Nunukan mengambil langkah yakni Jumat berkah sumbang darah di setiap masjid-masjid.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Dikatakan Humas PMI Nunukan Tusriadi, Jumat berkah sumbang darah ini baru dilakukan oleh PMI Nunukan yang akan ke-masjid-masjid setiap jumatnya.

Baca Juga :  Pelabuhan Tunon Taka Diprediksi Sepi Penumpang pada Arus Mudik 2024

Ini adalah program pertama dan majid yang menjadi target yakni Al-Mujahiddin. Karena, selama ini PMI hanya menunggu orang yang bersedia mau mendonorkan darah.

“Sekarang kita langsung ke masyarakat, jadi selesai mereka melaksanakan sholat jumat, jika mereka ingin melakukan donor mereka tidak perlu lagi ke PMI, cukup di masjid yang kita kunjungi. Setiap jumat kita akan keliling ke masjid yang ada di Nunukan,” kata Tusriadi kepada benuanta.co.id, Jumat (15/1/2021)

Baca Juga :  Bupati Nunukan Ajak Segera Bayar Zakat, Bisa Cepat Disalurkan

Di Jumat berkah sumbang darah ini menargetkan 20 kantong darah. Awal jumat berkah donor darah ini ada sekitar 10 orang yang bersedia mendonor darahnya dengan suka rela.

Sebelum mengambil darah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan riwayat pendonor sehingga benar-benar siap untu di ambil darahnya.

Dimasa pandemi ini bukan hanya Covid-19 yang dialami namun ada penyakit lain, jadi setiap harinya rumah sakit pasti akan membutuhkan darah yang banyak, sementara orang takut untuk melakukan donor, padahal covid-19 tidak terjangkit karena darah.

Baca Juga :  1.500 Paket Sembako untuk Honorer dan Dhuafa di Nunukan

“PMI akan hadir di masjid setiap hari jumat dan akan berkelanjutan, tidak menutup kemungkinan ini kita lakukan juga di tempat ibadah lainnya’’ jelasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *