oleh

Kadin Nilai Pemprov Belum Maksimal Berdayakan Pengusaha Lokal, Dukung Tim Transisi Zainal-Yansen

TANJUNG SELOR – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), meminta Pemprov Kaltara memberdayakan para pengusaha lokal untuk mengerjakan proyek pembangunan di wilayah Kaltara.

Ketua Kadin Kaltara, Kilit Laing mengatakan, selama hampir lima tahun banyak pengusaha lokal di Kaltara mengeluhkan tidak mendapat pekerjaan yang dibiayai oleh pemerintah pusat (APBN) dan daerah. Akibatnya, perusahaan yang berdomisili di Kaltara terancam gulung tikar.

“Hampir semua pekerjaan khususnya di bidang kontruksi yang dibiayai APBD Provinsi dan APBN dikerjakan oleh perusahaan dari luar daerah, pemprov belum sepenuhnya memberdayakan kontraktor lokal,” kata Kilit Laing kepada benuanta.co.id, Kamis (14/1/2021).

Lanjut dia, masuknya perusahaan dari luar daerah tidak berdampak positif bagi perekonomian di daerah. Kondisi ini pun membuat kecemburuan sosial antar pelaku usaha lokal dengan pendatang padahal pekerjaan bisa dikerjakan oleh kontraktor lokal.

“Perusahaan seperti BUMN harus bisa bermitra dengan kontraktor lokal, jangan hanya mencari kentungan sendiri, kalau mereka diberdayakan pasti berdampak positif bagi perekonomian di daerah dan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Selain di bidang Konstruksi, lanjutnya, Pemprov diharapkan bisa membantu pelaku ekonomi yang berusaha di bidang perkebunan dan pertanian di Kaltara.

“Kaltara punya potensi untuk pengembangan usaha perkebunan dan pertanian,” jelasnya.

Kilit laing menegaskan, Kadin mendukung keinginan Zainal-Yansen sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2021-2024, membentuk tim transisi dari pemerintahan Irianto Lambrie-Udin Hianggio.

“Ini agar Penggunaan anggaran di era kepemimpinan Zainal-Yansen tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan visi misi. Meski proses lelang sudah berjalan, itu masih bisa berubah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Victor Ratu

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed