oleh

1.500 Nakes di Bulungan Segera Divaksin Covid-19, Disiapkan 3.000 Dosis

TANJUNG SELOR – Sebanyak 1.500 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), akan disuntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bulungan, Imam Sujono menegaskan, penyuntikan vaksin Sinovac asal China itu tidak bisa dilakukan kepada nakes yang pernah terpapar virus Corona dan penderita Comorbid atau penyakit penyerta tertentu.

“Dari 1.600 nakes, kemungkinan hanya 1.500 saja yang akan divaksin. Sebab ada nakes yang pernah terpapar Covid-19, sehingga tidak bisa divaksinasi. Sebelum divaksin kita cek dulu kondisi kesehatannya,” ungkap Imam kepada benuanta.co.id, Kamis (14/1/2021).

Dijelaskannya, penyuntikan vaksin Covid-19 itu rencananya akan dilakukan selama sepekan secara bertahap di setiap kecamatan. Pihaknya pun sudah siapkan petugas khusus yang akan melakukan vaksinasi.

“Ada sekira 3.000 dosis vaksin yang disiapkan untuk dua kali penyuntikan dalam rentan waktu dua minggu. Kegiatannya dilakukan bergilir di tiap kecamatan dengan target waktu satu minggu vaksinasi tahap pertama sudah selesai,” jelas Kadinkes.

Ia menambahkan, pihaknya akan melanjutkan vaksinasi untuk petugas di lini pelayanan publik serta masyarakat umum. “Vaksinasi untuk petugas layanan publik dan masyarakat umum kita masih menunggu,” kata Imam.

Terkait batalnya Plt Bupati Bulungan, Ingkong Ala mendapatkan vaksinasi Covid-19, Kadinkes mengatakan, orang nomor satu di Bulungan itu mengalami komorbid yang menyebabkan kontra indikasi pada kesehatannya.

“Akan kita cek lagi kondisinya, yang jelas masih bisa dilakukan vaksinasi kepada beliau tapi tergantung perkembangan pada komorbidnya,” pungkasnya.(*)

 

Reporter: Victor

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed