Tiba di Tarakan, Vaksin Covid-19 di Launching Besok

TARAKAN – Vaksin Covid-19 telah tiba di Pelabuhan SDF Tarakan sejak pukul 12.15 WITA, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan sebutkan akan launching vaksinisasi pada Kamis (14/1/2021).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes mengatakan keamanan vaksin sangat diperhatikan terutama pengaturan suhu dalam pengiriman maupun penyimpanan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Diserahkan ke pelayanan kesehatan, disimpan dulu di gudang farmasi, ruangan penyimpanan harus stabil di suhu 2-8 derajat celcius,” ujarnya kepada awak media, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga :  Disnakertrans Tarakan Buka Posko Pengaduan Masalah THR

Dijelaskan dr. Devi, vaksin diperoleh di Tarakan dalam keadaan baik, dengan pengawalan dan pengamanan yang cukup ketat oleh kepolisian bersenjata lengkap.

“Tarakan terdapat 15 fasilitas kesehatan yang disiapkan menjadi tempat pemberian vaksin, yaitu 6 unit Puskesmas, RSUD, RSUKT, RS Pertamina, RS AL, klinik AL, klinik Dirgantara AU, klinik Polres Tarakan, dan KKP,” sebutnya.

Baca Juga :  Lima Angkutan Laut di Pelabuhan Malundung Sudah Uji Kelaikan  

“Sebanyak 66 orang petugas yang melaksanakan pemberian vaksin, sudah dilatih. Sebenarnya sudah terlatih, tapi masih perlu direfresh ilmunya,” terangnya.

Devi lanjut menjelaskan, pemberian vaksin akan dilakukan dalam dua tahap. Setelah Kamis dan Jumat, akan dijeda selama dua pekan untuk tahap kedua pemberian vaksin kepada penerima gelombang pertama ini.

“ada dua kali penyuntikan, yang pertama nanti dua minggu kemudian akan suntik lagi,” jelas dr. Devi.

Baca Juga :  Ini Saran Ombudsman Koreksi Layanan Mudik di Pelabuhan Malundung Tarakan

Untuk diketahui, vaksin perdana di Tarakan akan dilakukan besok, Kamis (14/11/2021) di Puskesmas Karang Rejo, pukul 09.00 WITA dengan 10 orang penerima vaksin.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *